Makassar (ANTARA News) - Mata pelajaran Matematika menjadi faktor pengganjal  kelulusan siswa SMA dan sekolah sederajat di Kota Makassar dan sekitarnya, kata Kebid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar.

"Tingkat kelulusan di SMA, khususnya di SMK baik negeri maupun swasta itu, umumnya dipengaruhi oleh ketidaklulusan atau nilai yang rendah pada pelajaran Matematika," kata Ismunandar di Makassar, Senin, menanggapi hasil Ujian Nasional (UN) SMA dan sekolah sederajat yang diumumkan Senin.

Sebagai gambaran, ia mengatakan, siswa SMK di Makassar yang tidak lulus mencapai 1.465 orang atau lebih banyak dibandingkan siswa yang lulus yang tercatat 1.249 orang.

"Kondisi itu terjadi, karena umumnya siswa yang tidak lulus itu terganjal pada pelajaran Matematika," ujarnya.

Hal itu diakui Kepala Sekolah SMA swasta Irnas H Kamaruddin Arafah di Makassar. Dia mengatakan, dari 76 siswa SMA Irnas yang ikut UN, sebanyak sembilan siswa IPS yang tidak lulus karena jatuh pada nilai Matematika.

Sementara Kepala Sekolah SMK 6 M Ilyas mengatakan, dari 148 siswa yang mengikuti UN, sebanyak 93 orang diantaranya tidak lulus karena tidak lulus nilai pelajaran Matematika dan satu orang tidak lulus karena nilainya jatuh pada pelajaran Bahasa Inggris. (S036/S016)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010