Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu siang dijadwalkan membuka sidang ke-13 Konfederasi Veteran Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara.

Acara yang akan berlangsung di Istana Negara Jakarta pukul 14.00 WIB tersebut akan dihadiri oleh para veteran dari berbagai negara yang tergabung dalam Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Sebelumnya, Ketua Legiun Veteran RI Rais Abin saat bertemu Presiden beberapa pekan lalu untuk melaporkan penyelenggaraan kegiatan tersebut mengatakan pertemuan itu dihadiri 114 delegasi dari 10 negara ASEAN serta tiga negara peninjau.

Sedangkan juru bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha usai pertemuan antara Presiden dengan Rais Abin, mengatakan, Kepala Negara akan membuka sidang umum tersebut serta beraudiensi dengan para veteran ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, menurut Julian, Presiden berpesan agar sidang umum veteran dapat mempererat ikatan ASEAN di antara dinamika kawasan yang kerap terjadi agar nilai-nilai ikatan kebersamaan di Asia Tenggara tetap terjaga.

Selain itu, para veteran juga diharapkan dapat membahas perdamaian serta keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Para legiun veteran ASEAN juga diminta untuk memperhatikan peran Timor Leste dan Papua Nugini karena peran dua negara tersebut bisa mempererat hubungan sesama anggota ASEAN dan juga berpengaruh pada dinamika kawasan.(P008*D013/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010