Banda Aceh (ANTARA News) - Tim robot Politeknik Aceh yang mengunggulkan robot FonNa, lolos melaju ke babak semifinal Kontes Robot Indonesia (KRI) 2010 reginonal Sumatera di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung.

"Tim FonNa berhasil mengalahkan robot `Khuly Bangunan` dari Universitas Bung Hatta Padang untuk menjadi runner-up grup D," kata Kepala Kemahasiswaan Politeknik Aceh, Said Iskandar Z di Banda Aceh, Sabtu.

Kejutan pada penampilan perdana tersebut terjadi setelah sebelumnya FonNa dikalahkan juara bertahan sekaligus tuan rumah, tim robot "Nyu-Sun 3P" Polman Timah Bangka pada pertandingan pertama.

Di Perempat final, tim FonNa Politeknik Aceh berhasil mengalahkan juara grup C tim Pokers-10 dari Politeknik Negeri Sriwijaya dengan skor 2-1.

KRI 2010 merupakan ajang kebolehn robot untuk membangun tiga pyramid secara bertahap. Kontes tersebut bertemakan "bersama membangun Candi Prambanan".

Jika FonNa, robot yang pertama kali dibuat oleh mahasiswa Politeknik Aceh yang baru berdiri selama dua tahun berhasil memenangkan kontes, maka akan ikut serta di KRI 2010 tingkat nasional pada 19-20 Juni 2010 di Malang.

Apabila berhasil pada KRI tingkat nasional yang merupakan ajang seleksi maka akan mewakili Indonesia ke tingkat Internasional ABU Robocon 2010 yang akan berlangsung di Kairo, Mesir, pada 19 September mendatang, dimana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim luar negeri.

Tim Politeknik Aceh beranggotakan Ramadhan Arika (mahasiswa Teknik Elektro), Febri Satria dan Irwan Syahputra (mahasiswa Teknik Mekatronika).

"Kami harapan doa dan dukungan masyarakat Aceh agar FonNa berhasil memenangkan kontes ini karena akan mengharumkan nama daerah di ajang nasional maupun internasional," tambahnya.

(D016/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010