Medan (ANTARA News) - Chris John petinju juara dunia WBA kelas bulu yang mengalami cidera dibagian bahu sebelah kirinya saat menjalani latihan, disarankan agar melakukan perawatan secara intensif sampai rasa sakit yang dialaminya itu benar-benar sembuh.

"Rasa sakit yang diderita Chris John itu jangan dianggap sepele, hal ini bisa saja merugikan petinju tersebut," kata mantan juara tinju nasional dan Asia Pasifik (OPBF), Lamhot Simamora menjawab ANTARA di Medan, Selasa, diminta komentarnya mengenai cidera yang dialami petinju tersebut.

Chris John mengelami cedera saat melakukan latihan dengan mitra latih tanding, Willem Kicket, Selasa (27/4), untuk persiapan pertarungan perebutan gelar melawan penantangnya Fernando David Saucedo petinju Argentina.

Akibat peristiwa tersebut pertarungan yang seharusnya digelar 22 Mei 2010 di Bali akhirnya mundur hingga Juli mendatang.

Lamhot mengatakan, selama terapi itu dilakukan, Chris John diharapkan jangan lagi melaksanakan gerakan atau latihan ringan sekalipun, karena proses penyembuhan yang dialaminya akan memakan waktu yang cukup lama.

" Pokoknya yang namannya latihan untuk menjaga agar stamina Chris John tetap prima, untuk sementara waktu dihentikan dulu dan tidak perlu dulu dilakukan.Ini tidak lain adalah untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini terhadap kesehatan Chris John," kata Lamhot.

Selanjutnya, ia mengatakan, cidera di bagian bahu Chris John itu perlu menjadi perhatian serius bagi pelatih atau pun promotor."Cidera dialami petinju itu diduga cukup berat dan perlu mendapat penanganan yang khusus pula," tegas Lamhot.

Menurut dia, jangan hanya karena mengejar pertarungan yang rencananya akan igelar Juli mendatang, lantas harus dipaksakan Chris John harus sembuh,ini jelas tidak benar.

"Semestinya orang yang sedang sakit tidak boleh diberikan tugas-tugas yang berat, misalnya tetap melakukan latihan dengan alasan menjaga fisik petinju itu agar tetap mantap," ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa Chris John perlu lebih mementngkan kesehatan dari pada mengejar prestasi untuk mempertahankan juara dunia itu.Kesehatan lah yang paling diutamakan.

"Cidera yang dialami Chris John itu perlu dijadikan pengalaman yang sangat berharga, kedepan agar tidak terulang lagi," kata Lamhot.

Pengunduran jadwal pertarungan yang dialami Chris John ini sudah dua kali. Pertama saat menjelang pertarungan pertama melawan Rocky Juarez di Houston, Texas, Amerika Serikat karena Chris John sakit.

Akhirnya pertarungan kedua petinju tersebut (Chris John melawan Juarez) digelar 28 Febuari 2009 dan berakhir dengan hasil imbang 114-114. Akhirnya pertarungan diulang dlagi di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009.

Pada pertarungan tersebut, Chris John menang dengan angka mutlak.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010