Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 631 siswa SMP di Kota Bandung tidak lulus Ujian Nasional (UN) 2010 sehingga mereka harus mengikuti UN ulangan yang akan digelar 10-17 Mei 2010.

"Tingkat kelulusan UN SMP di Kota Bandung sekitar 98,19 persen, mereka yang belum lulus UN masih punya kesempatan UN ulang," kata Kepala Bidang SMP Disdik Kota Bandung, Dede Amar di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan, jumlah peserta UN tingkat SMP/ MTs di Kota Bandung pada 2010 ini sebanyak 34.882 siswa yang tersebar di Kota Bandung.

Pengumuman hasil UN serentak pada Jumat (7/5), sebagian besar dilakukan melalui Kantor Pos. Namun beberapa SMP menggelar acara pengumuman kelulusan di sekolah masing-masing.

Sejak pagi hari, banyak siswa yang diantar orang tua mereka mendatangi kantor pos di daerah masing-masing untuk mendapatkan surat kelulusan bagi mereka lebih cepat.

Setelah memastikan lulus UN, sebagian para peserta UN berangkat ke sekolah masing-masing untuk bergabung dengan teman-temannya untuk saling mengucapkan selamat.

"Alhamdulillah lulus, semalaman kurang tidur karena kuatir. Matematika saya selama ini kurang bagus, namun ternyata bisa memenuhi syarat kelulusan," kata Selly, pelajar SMPN 7 Kota Bandung.

Hal sama juga diungkapkan peserta SMP lainnya yakni SMP BPI, SMP Baleendah serta yang lainnya.

"Saya belum tahu siapa yang nggak lulus, belum semuanya ke sekolah sih," kata Dina, pelajar peserta UN lainnya.

Pada kesempatan itu, Kabid SMP Disdik Jabar, Dede Amar meminta agar para peserta UN untuk merayakan kelulusan dengan tertib, aman dan wajar.

"Kami imbau mereka merayakan dengan wajar. tak perlu corat coret baju lebih baik disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan seragam itu." kata Dede Amar menambahkan.
(S033/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010