Sport Tourism

Jetski Safari Makassar diharap dorong pemulihan ekonomi kepulauan

Jetski Safari Makassar diharap dorong pemulihan ekonomi kepulauan

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mencoba salah satu jetski di Kantor JSM saat peluncuran di Jalan Penghibur Makassar, Minggu (29/11/2020). ANTARA/Muh Hasanuddin.

"Banyak warga pulau yang menggantungkan hidupnya dengan kunjungan orang-orang berduit. Ini yang saya coba picu bersama teman-teman komunitas Jetski,"
Makassar (ANTARA) - Gubernur Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah  berharap program Jetski Safari Makassar (JSM) yang baru saja diluncurkan akan mampu mendorong ekonomi masyarakat kepulauan.

Menurut Nurdin hadirnya  JSM merupakan bagian penting dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

"Safari Jetski menjadi tren baru masyarakat dunia saat ini dan semua potensi itu ada di Sulsel khususnya di Makassar," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Sulsel siapkan Rp22 miliar untuk rampungkan masjid 99 kubah

Gubernur Nurdin Abdullah pada peluncuran JSM itu menaruh harapan besar pada pengembangan wisata olahraga di Sulsel. Selain aman juga dapat menikmati pulau-pulau serta kuliner yang ada.

Ia mengatakan, sejak lama Kota Makassar sudah dikenal luas sebagai kota yang kaya akan kulinernya dan seiring dengan waktu, dirinya pun ingin mengembangkan potensi lainnya seperti wisata bahari.

Baca juga: IJBA getol lakukan pembinaan atlet jetski usia dini

"Sulsel khususnya Makassar ini tidak hanya dikenal dengan kuliner yang enak, Sulsel juga memiliki pulua-pulau yang indah," katanya.

Pada peluncuran JSM itu, ia pun kaget ketika mengetahui jika anak bungsunya yang tidak lain seorang atlet Jetski nasional ikut menjadi pendiri wisata bahari JSM tersebut.

Baca juga: Pantai Losari Makassar akan kembali dibuka untuk umum

"Saya berangkat dari rumah untuk membuka launching Jetski Safari Makassar ini. Saya antusias karena ini merupakan bagian dari pemulihan ekonomi. Setibanya di acara ini, saya baru dengar kalau ternyata Uji (anak Gubernur Nurdin Abdullah) adalah founder JSM," terangnya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini pun menceritakan jika memang sejak kelas V SD sudah aktif main jetski dan ia pun tidak heran kalau anaknya bisa menjadi atlet nasional maupun pendiri (founder) JSM.

Sementara itu, Fathul Fauzi Nurdin yang juga putra bungsu Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku siap menjadi tokoh penggerak "sport tourism" di Sulawesi Selatan.

Menurut dia, sport tourism merupakan salah satu sektor yang bisa memberikan nilai tambah. Bukan hanya kalangan menengah ke atas, melainkan bisa memberikan efek domino langsung ke masyarakat utamanya warga di daerah kepulauan.

"Banyak warga pulau yang menggantungkan hidupnya dengan kunjungan orang-orang berduit. Ini yang saya coba picu bersama teman-teman komunitas Jetski," kata dia.

Menurutnya dirinya mencoba mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pulau dengan membuka Safari Jetski Makassar yang telah menjadi tren baru masyarakat dunia.

"Saya tidak ingin tren ini hanya dinikmati para penggiat olahraga air. Orang-orang yang punya jetski saja yang menikmati. Tapi saya ingin masyarakat pulau bisa memperoleh nilai tambah dari aktivitas mereka," ucap Fathul Fauzi Nurdin.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tour de Singkarak 2021 libatkan tiga provinsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar