Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia mengantisipasi rencana kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia pada Juni 2010. Menurut keterangan dari Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah di Jakarta, Jumat, meskipun belum ada jadwal yang pasti, namun Pemerintah Indonesia tengah mengantisipasi rencana kunjungan pada pertengahan atau akhir Juni.

Sekalipun pihak Gedung Putih belum mengeluarkan tanggal pasti kedatangan Obama, namun menurut jubir Kemlu, Pemerintah Indonesia tetap melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan.

Barack Obama sebelumnya berencana melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada akhir Maret 2010. Presiden kulit hitam pertama AS itu juga bermaksud membawa serta istri dan kedua anak perempuannya.

Namun ia menunda rencananya ke Indonesia setelah adanya keluhan dari kalangan anggota DPR asal Demokrat --yang merasa dipaksa segera menuntaskan pemungutan suara soal layanan kesehatan agar Obama dan keluarga bisa berangkat ke Indonesia.

Sebelumnya selain melakukan kunjungan kerja Obama yang memiliki ayah tiri orang Indonesia dan pernah tinggal di Menteng, Jakarta di masa kecilnya itu bermaksud melakukan kunjungan nostalgia ke sejumlah tempat di Indonesia.(*)
(G003/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010