Jakarta (ANTARA News) - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Mandiri menyetujui pembayaran dividen tunai sebesar 35 persen atau Rp2,5 triliun dari perolehan laba bersih 2009 yang mencapai Rp7,2 triliun.

Direktur Bank Mandiri Pahala N Mansury, seusai RUPS di Jakarta, Senin, mengatakan dividen yang dibagi ke pemegang saham tersebut sekitar Rp119 per saham.

"Sebelumnya Rp19 per saham (Rp473 miliar) telah dibayarkan sebagai dividen interim, sehingga sisanya yang harus dibayar Rp100 per saham atau Rp2,1 triliun," kata Pahala.

Dia juga mengatakan bahwa dividen ini diperkirakan dibayarkan pada 28 Juni 2010 mendatang. "Pada 9 Juni cum dividen dan dilanjutkan ex dividen dan diperkirakan recording date pada 18 Juni dan sepuluh hari selanjutnya (28 Juni) pembayaran dividen," jelas Pahala.

Sementara Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi dalam kesempatan yang sama mengatakan, laba bersih perseroan selain dibagikan untuk dividen, juga untuk kemitraan dan bina lingkungan (BKBL) sebesar 4 persen, bonus direksi dan komisaris (tantiem) sebesar 1,16 persen (Rp83,52 miliar) dan sisanya sebesar 61 persen atau Rp4,36 triliun sebagai laba ditahan.

Pahala menambahkan bahwa tantiem yang dibagikan ke direksi dan komisaris ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Riswinandi menambahkan bahwa dengan adanya penambahan modal dari perolehan laba 2009 ini perseroan siap menjadi besar dan siap menerapkan berbagai peraturan yang ditentukan akan membutuhkan penguatan modal.

Selain itu, RUPS juga menyetujui penambahan saham perseroan di AXA Mandiri dan susunan direksi serta komisaris baru.

Bank Mandiri akan menambah sahamnya di AXA Mandiri melalui pembelian 2 persen dari kepemilikan Nasional Mutual International Pty Ltd di PT AXA Mandiri Financial Services.

RUPS juga menyetujui susunan komisaris yang terdiri Komisaris Utama Edwin Gerungan, wakil Komisaris Utama Muchayat, anggota komisaris Mahmuddin Yasin dan Cahyana Ahmad Jayadi, komisaris independen Gunardi Soewarno dan Pradjoto.

Direktur utama tetap dijabat Agus Martowardojo, tetap menduduki direktur utama, wakil direktur utama yang semula dijabat I Wayan Agus Mertayasa diganti oleh Riswinandi.

Tiga nama baru, Pahala N Mansury, Sunarso, Fransisca N Mok menjabat sebagai direktur menggantikan posisi dari Riswinandi, Sasmita dan Bambang Setiawan.

Sedangkan Zulkifli Zaini, Abdul Rachman, Sentot A Sentausa, Thomas Arifin, Budi G Sadikin dan Ogi Prastomiyono tetap menduduki jabatan direksi Bank Mandiri.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010