Program Jumat Berkah bagikan 700 paket bahan pangan gratis

Program Jumat Berkah bagikan 700 paket bahan pangan gratis

Program Jumat Berkah oleh tim PKK membagikan paket bahan pangan gratis di RW 014 Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara, Jumat (4/12/2020) (ANTARA/HO/Humas Pemkot Jakarta Utara)

Boleh diambil satu jenis saja
Jakarta (ANTARA) - Program Jumat Berkah oleh tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) membagikan 700 paket bahan pangan gratis di RW 014 Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara.

"Kegiatan masih berjalan sampai saat ini, bahkan jumlah sembako yang dibagikan awalnya hanya 300 paket kini bertambah menjadi 700 paket," kata Ketua PKK RW 014 Hastuti Tanase, di Jakarta Utara, Jumat.

Ia menjelaskan program itu sudah dilaksanakan sejak pandemi COVID-19 atau di Juli 2020, dengan menyediakan 300 paket sembako gratis.

Dia menyatakan program itu bukan hanya sembako, tetapi warga juga menyediakan makanan siap saji, pakaian, tas, sepatu dan barang-barang lainnya yang masih layak pakai.

Baca juga: Mengintip tradisi "Jumat Berkah" warga Jalan Menteng Pulo

Setiap warga hanya diperbolehkan mengambil satu paket bahan pangan seperti sayuran, telur, sarden, tempe, tahu, ikan, ayam, minyak, kecap dan lain-lain.

Peminatnya datang dari banyak kalangan seperti sopir angkot, ojek daring, anggota petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) dan warga lainnya.

"Boleh diambil satu jenis saja dan tinggal pilih mau sayuran atau yang lainnya, biar semuanya kebagian," jelas Hastuti.

Hastuti menegaskan dalam kegiatan itu para kader PKK tetap menjalankan ketentuan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Baca juga: Warga Menteng Dalam bagi-bagi makanan gratis tradisi "Jumat Berkah"

Sebanyak 10 kader PKK yang bertugas mengatur warga yang datang agar tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga menyiapkan masker, hand sanitizer dan melakukan pengaturan jarak biar tidak berkerumun," ujarnya.

Hastuti mengucapkan terimakasih untuk para donatur yang selalu mendukung terlaksananya kegiatan Jumat Berkah, dengan moto, ambil secukupnya dan taruh semampunya.

"Ada saja yang datang ke sini untuk memberikan bantuan sembako, makanan siap saji dan lain-lain sehingga bisa menambah jumlah paket yang disediakan. Kami hanya beramal saja membantu sesama yang membutuhkan," jelas Hastuti.

Baca juga: Jumat Peduli, Srikandi Jakarta Utara bagikan nasi bungkus gratis

Salah seorang warga, Nurahmaini mengaku terbantu dengan adanya kegiatan Jumat Berkah tersebut.

Dirinya setiap Jumat pagi selalu datang untuk memilih paket bahan pangan yang dibutuhkan.

"Saya ambil satu paket yang isinya minyak sayur dan kecap karena di rumah sudah ada sayuran. Menurut saya kegiatan ini bagus sekali dan semoga bisa terus dijalankan," harap Nurahmaini.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar