Polda Jambi geser 1.200 personil amankan 8.236 TPS

Polda Jambi geser 1.200 personil amankan 8.236 TPS

Kapolda Jambi, Albertus Rachmad Wibowo saat meninjau personil yang akan ditempatkan ke TPS pada Pilkada serentak mendatang. ANTARA/Nanang Mairiadi.

Jambi (ANTARA) - Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, memimpin apel pergeseran pasukan yang ditugaskan dalam rangka membantu pengamanan 8.236 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Provinsi Jambi.

Kegiatan pergeseran 1.200 personil Polda Jambi tersebut juga dalam rangka kegiatan Operasi Mantap Praja-2020, yang digelar di lapangan Mapolda Jambi, Senin. Apel ini juga diikuti Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudhawan R, Pejabat Utama Polda Jambi dan personel yang terlibat BKO Pengamanan TPS ke Polres dan Polresta.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dalam amanatnya mengatakan terimakasih rekan-rekan yang sudah tulus ikhlas melaksanakan tugas negara dan dimohon sesampai di lokasi atau polres agar bisa segera menghadap dan mohon petunjuk arahan pimpinan di sana. Para kapolres sudah diperintahkan untuk memberikan arahan dan petunjuk kepada personil yang bertugas.

Baca juga: Pemilih di Mamuju dilarang bawa gawai saat mencoblos
Baca juga: Mencegah penyebaran COVID-19 melalui TPS khusus


Kapolda mengatakan TPS besok harus sudah berdiri, saudara harus membantu dan melihat TPS yang menjadi tanggung jawab saudara dalam pengamanan. Selanjutnya ia meminta personel untuk tetap menjaga disiplin, jaga nama baik Polri, tiap kita bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, sinergitas TNI-Polri saat ini terjalin sangat baik.

Sementara itu dalam arahannya Karo Ops Polda Jambi, Kombes Pol Imam S, menyampaikan bahwa apel ini merupakan kesiapan untuk jaga TPS yang belum ada polisinya dan pesan saya jaga kesehatan dari sekarang dan jika saat ini kalian (personil) ada seperti gejala-gejala COVID-19, agar bisa segera melapor ke Biddokes Polda Jambi.

Sebelumnya Polda Jambi juga telah melaksanakan apel kesiapan dan pembagian Alat Perlindungan Diri (APD) perlengkapan Satgas gabungan pengamanan TPS Pilkada Serentak dan 1.200 personel Polda Jambi yang terlibat pengamanan TPS secara bergantian sesuai permintaan dari Polres-Polres dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kombes Pol Imam Setiawan SIK menyampaikan arahan persiapan dan pembagian kelengkapan pembagian APD kepada pelaksana tugas pengaman tugas TPS, agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dan kita akan mengoptimalkan anggaran yang ada dan kepada petugas untuk melakukan pengecekan kotak suara, pesan kepada satgas agar pastikan kotak suara kosong, kenali KPPS, dan laksanakan tugas dengan baik.

Kemudian mengantisipasi kerawanan kerusuhan dan diharapkan semua dapat diambil tindakan tegas bagi perusuh, ciptakan situasi aman dan kondusif dan 1.200 personil Polda Jambi itu akan diberangkatkan dari Polda Jambi pada Senin 7 Desember mendatang untuk membantu pengamanan TPS di setiap kabupaten dan kota dalam pengamanannya.

Ke-1.200 personil ditugaskan ke Polres Batanghari , Tebo, Bungo, Merangin, Sarolangun, Tanjab Barat, Tanjab Timur, Muarojambi dan Polresta Jambi serta Polres Kerinci.

Baca juga: KPU Bantul optimis pelaksanaan pilkada aman dari penyebaran COVID-19
Baca juga: Bawaslu Sleman lakukan pengawasan di TPS keliling pasien COVID-19

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ditpolair Jambi gagalkan penyelundupan lobster Senilai Rp 14M

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar