Jakarta (ANTARA News) - Hewlett-Packard Co melampaui pencapaian IBM sebagai pembuat server teratas di dunia dengan penjualan selama kuartal pertama. Konsumen menahan membeli peralatan IBM sebelum peluncuran produk baru, kata sebuah perusahaan riset pada Selasa.

Penjualan server bisnis HP naik 15,9 persen dari tahun sebelumnya menjadi 3.4 miliar dolar selama kuartal pertama dan memberikan perusahaan 31,5 persen dari pasar. International Business Machines Corp melihat penjualan menurun 2,1 persen menjadi 3,1 miliar dolar.

IBM telah lama meninggalkan HP dalam jumlah unit kapal pengiriman karena kekuatannya adalah komputer mainframe high-end dan server Unix.

Gartner mengatakan pelanggan menahan membeli produk IBM sebagai raksasa komputasi yang akan merilis versi generasi terbaru akhir tahun ini.

Gartner juga mengatakan jumlah server yang terjual tumbuh 23 persen selama kuartal pertama, sedangkan pendapatan meningkat enam persen menjadi 10.8 miliar pada penurunan tajam di server high-end.

Dell Inc, urutan ketiga dalam penjualan mencatat pertumbuhan terkuat di antara vendor-vendor teratas pada kuartal tersebut dengan pendapatan server sampai 36 persen.

Reuters melaporkan, divisi Sun Microsystems Oracle Corp mencatat penurunan tajam, dengan pendapatan server 39 persen pada kuartal tersebut.

Setelah Oracle menyelesaikan akuisisi Sun senilai 5.6 juta dolar pada Januari, Chief Executive Larry Ellison mengurangi perusahaan server dan anggaran pemasaran dan mengatakan Sun telah merugi dalam menjual produk.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010