Purwakarta (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari gerbang tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menuju Simpang Jomin hingga ke jalur Pantura,
pada Jumat padat  bertepatan libur perayaan Waisak dan akhir pekan.

Arus lalu lintas padat lancar di jalur itu terjadi pagi hingga siang tadi, namun memasuki sore hari kian padat karena banyaknya masyarakat yang hendak menikmati liburan ke berbagai tempat di Jawa.

Kepadatan kendaraan memaksa laju kendaraan berjalan lambat," kata Joko (42), seorang pengemudi mobil pribadi yang hendak ke rumah keluarganya, Cirebon, dalam mengisi libur panjang Waisak di Purwakarta.

Sejak memasuki gerbang tol Karawang Barat, ia mengaku tidak bisa "memacu" kendaraan yang dikemudikan dengan cepat karena kondisi arus lalu lintas yang cukup padat.

Pantauan ANTARA, kepadatan kendaraan selepas gerbang tol Cikampek hanya terjadi Jumat pagi dan menjelang Jumat sore. Sedangkan pada Jumat siang, arus lalu lintas selepas gerbang tol Cikampek menuju jalur Pantura terlihat lancar.

Kendaraan yang melintas tidak hanya kendaraan besar seperti truk dan bus umum. Jenis kendaraan pribadi juga cukup banyak yang melintas dari gerbang tol Cikampek menuju jalur Pantura.

Sejumlah kendaraan yang melintas menuju jalur Pantura sempat sempat tersendat memasuki simpang Jomin. Namun, beberapa kilometer setelah masuk jalur Pantura, arus lalu lintas kembali lancar.

Kepadatan kendaraan juga terjadi di jalan tol Cipularang wilayah Purwakarta menuju Bandung dan sekitarnya pada Jumat pagi. Arus lalu lintas yang padat itu mengakibatkan kecepatan kendaraan hanya berkisar 40-60 kilometer per jam.

Sedangkan jalur dari Bandung menuju Jakarta terlihat lancar pada Jumat siang. (KR-MAK)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010