Bandung (ANTARA) -
Pasangan calon (paslon) Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung unggul sementara berdasarkan hasil hitung cepat yang tertera di laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pukul 16.28 WIB, Rabu.
 
Di laman pilkada2020.kpu.go.id yang bisa diakses secara umum, pasangan Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan mendapat suara 55,4 persen mengungguli pasangan Kurnia Agustina-Usman Sayogi yang mendapat suara 30,5 persen. Sedangkan pasangan Yena Masoem-Atep mendapat suara 14,1 persen.
 
"Alamat lamannya tinggal diklik saja, nanti akan keluar, dari 6.874 TPS (tempat pemungutan suara), mana yang sudah akses, perolehannya berapa, seperti hari ini baru 97 TPS yang masuk, presentasenya paslon nomor satu, dua, dan tiga sudah kelihatan," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Ridwan Kamil temukan saksi parpol tak pakai "face shield" di TPS
 
Hasil perolehan sementara itu didapat dari 97 TPS atau sekitar 1,41 persen dari 6.874 TPS yang telah mengakses laman Sirekap (aplikasi rekapitulasi elektronik) milik KPU pusat.
 
Rinciannya, paslon nomor urut tiga (Dadang-Syahrul) telah mendapat 11.712 suara, paslon nomor urut satu (Kurnia-Usman) telah mendapat 6.443 suara, dan paslon nomor urut dua (Yena-Atep) telah mendapat 2.974 suara.
 
Agus mengatakan sejauh ini semua TPS di Kabupaten Bandung sudah menyelesaikan proses penghitungan suara. Kemudian, kata Agus, semua kotak suara dari TPS itu bakal didorong untuk langsung sampai ke tingkat kecamatan guna segera masuk ke tahap rekapitulasi.
 
"Proses rekapitulasi di kecamatan itu mulai Kamis (10/12) hingga Senin (14/12) mendatang. Setelah itu baru dilaksanakan penetapan bupati terpilih oleh tingkat kabupaten," kata Agus.
 
Terkait dengan keunggulan sementara itu, Dadang Supriatna menyatakan bersyukur dan berjanji untuk tidak akan mengadakan selebrasi secara berlebihan di tengah pandemi COVID-19 ini.
 
"Selanjutnya kami akan berkumpul dengan koalisi dan relawan untuk sujud syukur," kata Dadang.

Baca juga: Ridwan Kamil tinjau pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung 2020

Baca juga: KPU tetapkan 2.356.412 pemilih dalam DPT Pilbup Bandung 2020

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020