Medan (ANTARA News) - Pesanshou Indonesia, Jhon Hendrik Ginting menumbangkan pesanshou Malaysia, Tan Jian Guan pada pertandingan semi final Kejuaraan Sanshou Internasional ke-2 yang diadaakan di Medan, Jumat malam.

Kemenangan yang diperoleh Jhon Hendrik itu, sekaligus juga membawa keberuntungan bagi tim Indonesia karena dari empat pesanshou Indonesia yang bertanding dengan China, Vietnam, dan Malaysia, namun, hanya Jhon Hendrik yang meraih kemenangan, sedangkan tiga pesanshou lainnya kalah.

Ketiga pesansho yang kalah itu, Moria Manalu (klas 60 kg putri), Gunawan (klas 52 kg putra) dan Saiful (klas 56 kg putra).

Pesanshou putri Moria Manalu dikalahkan Bai Jing dari China dengan poin 0-2, Gunawan dikalahkan Zhang Xueliang dari China dengan poin 0-2 dan Saiful juga menderita kalah dari Ban Van Trong, Vietnam dengan poin 0-2.

Sedangkan Jhon Hendrik Ginting (klas 56 kg putra) mengalahkan Tan Ji Guan asal Malaysia dan dia mendapat poin 2-0.

Bahkan, prestasi yang diperoleh putra asal Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu, tidak hanya menyenangkannya, tetapi juga tim sanshou Indonesia.

Pada pertandingan babak semi final di hari pertama kejuaraan internasional itu, tiga pesanshou Indonesia kalah, dan untung Jhon Hendrik menang.

Pesanshou Indonesia senang dan bangga karena kemenanangan yang diraih Jhon Hendrik yang juga peraih medali perunggu di PON XVII/2008 Kalimantan Timur.

Jhon Hendrik usai pertandingan menjawab pertanyaan ANTARA di Medan, kemenangan yang dicapainya ini adalah tidak lain berkat kegigihan berlatih dan juga gemblengan para pelatih dalam menghadapi persiapan Kejuaraan Sanshou Internasional ke-2 itu.

Menurut Jhon, ia tidak menyangka bisa mengalahkan pesanshou Malaysia itu.

"Kemenangan ini juga dapat dijadikan penambah semangat agar pada pertandingan berikutnya bisa keluar jadi pemenang," kata Jhon.

Pelatih Sanshou Indonesia, Neri mengatakan, ia merasa bangga dengan penampilan anak didiknya dalam menghadapi pesanshou dari China dan Vietnam.

Menurut dia, kedua negara itu (China dan Vietnam, red) memiliki pesanshou yang cukup tangguh dan sulit dikalahkan.

Meskipun demikian, pesanshou Indonesia masih berusaha bisa menandingi atlet kedua negara itu pada pertandingan berikutnya.

"Saya optimistis, pesanshou Indonesia bisa mengalahkan China dan Vietnam," kata Neri.

Kejuaraan Sanshou Internasional itu diikuti peserta dari lima negara, yakni China, Vietnam, Laos, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia. (M034/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010