Jika ini adalah awal dari sebuah tren, kami akan menguji kapasitas pasar untuk tetap optimis dengan melihat melewati lingkungan yang sangat keras yang sedang dihadapi saat ini.
New York (ANTARA) - Wall Street bervariasi pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), ketika data menunjukkan jumlah warga Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pekan lalu lebih besar dari yang diperkirakan, sedangkan investor juga mencari petunjuk kemajuan pembicaraan stimulus fiskal untuk mendukung ekonom.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 69,55 poin atau 0,23 persen menjadi ditutup di 29.999,26 poin. Indeks S&P 500 menyusut 4,72 poin atau 0,13 persen menjadi berakhir di 3.668,10 poin. Sebaliknya, Indeks Komposit Nasdaq ditutup bertambah 66,85 poin atau 0,54 persen menjadi 12.405,81 poin.

Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 mundur, dengan industri ditutup melemah 0,93 persen, memimpin penurunan. Sektor energi terangkat 2,93 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terbaik.

Baca juga: Wall Street dibuka merosot setelah klaim pengangguran AS melonjak

Saham-saham AS dibuka lebih rendah menyusul data klaim pengangguran awal mingguan yang melonjak 137.000 menjadi 853.000 disesuaikan secara musiman, jauh di atas ekspektasi untuk 725.000 dan level tertinggi sejak pertengahan September, menggarisbawahi perlunya langkah-langkah stimulus baru untuk mendukung pelemahan. ekonomi.

Tetapi ekuitas bergerak jauh dari posisi terendah yang membuat S&P 500 turun sebanyak 0,75 persen setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pembicaraan antara senator Republik dan Demokrat tentang bantuan COVID-19 membuat "banyak kemajuan" dengan lebih banyak diskusi diharapkan pada hari itu.

“Narasi persaingan virus ada di sini, lebih buruk lagi, kemunduran alami ekonomi karena itu dan kurangnya ketidakpastian seputar waktu dan besarnya paket akan menjadi perjuangan sehari-hari dengan momen-momen yang cukup volatil untuk sementara," kata Keith Buchanan, manajer portofolio senior di Globalt Investments di Atlanta.

"Jika ini adalah awal dari sebuah tren, kami akan menguji kapasitas pasar untuk tetap optimis dengan melihat melewati lingkungan yang sangat keras yang sedang dihadapi saat ini."

Baca juga: Saham Inggris terus menguat, indeks FTSE 100 bertambah 0,54 persen

Pemulihan pasar tenaga kerja yang goyah dan lonjakan infeksi COVID-19 baru-baru ini telah menambah tekanan pada pembuat kebijakan untuk membuat paket penyelamatan lain, ketika sebagian besar bantuan keuangan pemerintah untuk warga Amerika dan bisnis telah mengering.

Pemungutan suara Senat AS pada langkah sementara untuk menjaga pemerintah tetap berjalan bisa tergelincir ke tenggat waktu Jumat, kata Senat nomor dua Republik, John Thune. Langkah itu akan memberi anggota parlemen waktu untuk menyusun paket pengeluaran yang lebih besar dan bantuan virus corona, tetapi Ketua DPR Nancy Pelosi mengangkat kemungkinan pembicaraan dapat berlarut-larut hingga Natal.

Yang juga menjadi fokus adalah pertemuan penasihat untuk Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) di kemudian hari, untuk memutuskan apakah akan merekomendasikan badan tersebut mengesahkan vaksin COVID-19 Pfizer Inc. untuk penggunaan darurat.

Beberapa pejabat mengatakan vaksinasi bisa dimulai secepatnya akhir pekan ini jika FDA menyetujui.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020