Jelang Hari Bhakti Transmigrasi, Mendes: Revitalisasi mutlak penting

Jelang Hari Bhakti Transmigrasi, Mendes: Revitalisasi mutlak penting

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar berbicara dalam rangka memperingati Hari Bhakti Transmigrasi ke-70, Jakarta, Jumat (11/12/2020). ANTARA/Katriana.

Transmigrasi juga harus memaklumi terjadinya transformasi nilai dan budaya demi merawat keberagaman, keberagamaan, keindonesiaan, serta keutuhan NKRI
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menilai revitalisasi dan modernisasi 616 kawasan transmigrasi mutlak dibutuhkan agar dapat berperan lebih besar dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Revitalisasi dan modernisasi mutlak dibutuhkan agar dapat berperan lebih besar dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional, khususnya terhadap program ketahanan pangan," kata Menteri Halim yang akrab disapa Gus Menteri itu, menjelang peringatan Hari Bhakti Transmigrasi yang jatuh pada 12 Desember 2020 di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan transmigrasi memang proses perpindahan penduduk yang menjadi ciri khas Indonesia, agar persebaran penduduk menjadi lebih tertata dan merata.

Namun demikian, ia menekankan perlunya banyak pihak tidak menjadikan transmigrasi sebagai isu demografis semata. Tetapi, transmigrasi harus menjadi momentum kebangkitan ekonomi para transmigran serta daerah di kawasan transmigrasi.

"Transmigrasi juga harus memaklumi terjadinya transformasi nilai dan budaya demi merawat keberagaman, keberagamaan, keindonesiaan, serta keutuhan NKRI," katanya.

Baca juga: Mendes PDTT fokus revitalisasi kawasan transmigrasi

Gus Menteri menilai revitalisasi dan modernisasi 616 kawasan transmigrasi sebagai kebutuhan yang mutlak untuk memberikan kontribusi lebih besar terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya terhadap program ketahanan pangan.

Sebagai upaya terpadu untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, ia menegaskan bahwa program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) Desa atau disebut SDGs Desa merupakan kunci untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi.

Implementasi SDGs Desa untuk mempercepat pembangunan di kawasan transmigrasi, menurut dia, perlu dilakukan sehingga bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik di dalam kawasan transmigrasi maupun sekitarnya.

Menjelang peringatan Hari Bhakti Transmigrasi, ia menyampaikan ucapan selamat untuk Hari Bhakti Transmigrasi yang ke-70.

"Saya Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, mengucapkan selamat Hari Bhakti transmigrasi ke-70," demikian Gus Menteri.

Baca juga: Mendes PDTT akan revitalisasi kawasan transmigrasi
Baca juga: Kemendes PDTT intensifkan lahan pertanian kawasan transmigrasi

Pewarta: Katriana
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mendes PDTT: Ibadah kurban mampu tumbuhkan empati

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar