Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 78 orang sehingga total ada 5.022 kasus.

"Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 harian di Provinsi Lampung bertambah 78 orang yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota sehingga total ada 5.022 kasus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan penambahan 78 kasus positif COVID-19 tersebut berasal dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

"Terinci ada 32 orang yang dinyatakan positif COVID-19 asal Kota Bandarlampung, 10 orang dari Kabupaten Lampung Selatan, 7 orang di Lampung Timur," ucapnya.

Baca juga: Bandarlampung keluar dari zona merah COVID-19

Selanjutnya di Kabupaten Lampung Utara ada 1 orang, Kabupaten Tulang Bawang 3 orang, Kabupaten Tulang Bawang Barat 1 orang, Kabupaten Mesuji 2 orang, Kabupaten Tanggamus 8, Pringsewu 1 orang, Pesawaran 6 orang, Lampung Barat 1 dan Lampung Tengah 6 orang.

"Tercatat pula dari penambahan sebanyak 78 kasus ada 31 kasus bergejala dan 47 kasus tidak bergejala, serta 50 orang merupakan kasus baru dan 28 orang lainnya hasil penelusuran," katanya.

Baca juga: DPRD Lampung minta percepat proses hasil uji sampel tes usap

Menurutnya dari 78 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 memiliki beragam riwayat seperti pernah berkunjung ke klinik, memiliki riwayat bepergian ke Jawa Timur, ada pula dari kabupaten pergi ke Kota Bandarlampung, lalu pernah berkontak erat dengan pasien COVID-19 bahkan ada pula yang tidak memiliki riwayat perjalanan ataupun berkontak erat dengan pasien COVID-19.

"Saat ini penambahan kasus positif masih terus terjadi sehingga masyarakat pun harus waspada salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk menjaga diri dan keluarga," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung selain terdapat penambahan pada kasus positif terdapat juga penambahan pada kasus suspek sebanyak 39 kasus, kontak erat 150 kasus, dan pelaku perjalanan 159 kasus.

Baca juga: Tujuh ASN BPKAD Kota Metro positif COVID-19

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020