Asumsi anggaran masih mengasumsikan akan ada kejadian seperti ini sesekali
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Jumat pagi, menyusul kebangkitan COVID-19 di Sydney yang mendorong pengetatan pembatasan perbatasan domestik.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 18,90 poin atau 0,28 persen menjadi 6.737,80 poin, sedangkan indeks All Ordinaries berkurang 17 poin atau 0,24 persen pada 6.983,10 poin.

Pada Jumat pagi, sekelompok 17 kasus telah terdeteksi di Pantai Utara Sydney, dengan Menteri Keuangan Federal Simon Birmingham memperingatkan bahwa pembatasan baru perbatasan dapat berdampak pada ekonomi nasional.

"Itu tergantung pada bagaimana hal itu terjadi. Asumsi anggaran masih mengasumsikan akan ada kejadian seperti ini sesekali," kata Birmingham, Jumat.

"Kami tidak berasumsi bahwa COVID telah hilang dari wajah Australia selamanya."

Pada awal perdagangan Jumat, bank-bank besar negara itu menjadi penekan terbesar, menyeret sektor keuangan lebih dari satu persen lebih rendah.

Sebagian besar sektor lain juga melemah dengan pengecualian kebutuhan pokok konsumen dan perawatan kesehatan yang menguat, sementara teknologi juga berhasil sedikit meningkat.

Di sektor keuangan, bank-bank besar jatuh dengan Commonwealth Bank turun satu persen, ANZ turun 0,38 persen, National Australia Bank turun 1,05 persen dan Westpac Bank turun 0,79 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan Rio Tinto turun 0,39 persen, BHP naik 0,09 persen, Fortescue Metals naik 1,61 persen, dan penambang emas Newcrest naik satu persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search turun 2,17 persen, Santos turun 0,92 persen dan Woodside Petroleum naik 0,04 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 0,49 persen dan Woolworths naik 1,27 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,49 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas anjlok 3,33 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,95 persen.

Baca juga: Saham Aussie dekati tertinggi 10 bulan ditopang data ekonomi positif
Baca juga: Saham Aussie ditutup menguat terangkat bank-bank besar dan penambang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020