Kaleidoskop 2020

"Itaewon Class" hingga "Start-Up", ini drama Korea ter-hits 2020

"Itaewon Class" hingga "Start-Up", ini drama Korea ter-hits 2020

Kolase serial drama Korea Selatan sepanjang tahun 2020. (Ki-ka) "Itaewon Class", "Crash Landing on You", dan "Start-up". (Netflix)

Jakarta (ANTARA) - Serial drama Korea menjadi salah satu tontonan yang banyak dibicarakan di tahun 2020. Apalagi, dengan adanya pandemi semakin membuat drama Korea mampu merambah lebih banyak orang dan pencintanya.

Berikut adalah deretan serial drama Korea yang banyak dibicarakan di tahun 2020.

"Crash Landing on You"

"Crash Landing on You"menceritakan tentang Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin), seorang pewaris konglomerat di Korea Selatan. Suatu hari, saat paralayang, sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh angin kencang membuat Yoon Se-Ri melakukan pendaratan darurat di Korea Utara.

Di sana, dia bertemu Ri Jeong-Hyeok (Hyun-Bin), yang merupakan perwira militer Korea Utara. Dia mencoba melindunginya dan menyembunyikannya. Tak lama, Ri Jeong-Hyeok jatuh cinta pada Yoon Se-Ri.

Serial ini ditayangkan di tvN di Korea Selatan dan di Netflix di seluruh dunia mulai 14 Desember 2019 hingga 16 Februari 2020.

Baca juga: Asisten penulis "CLOY", Gwak Moon-wan ingin satukan Korsel dan Korut

Baca juga: "Crash Landing on You" bukan kisah nyata, tapi..


"Crash Landing on You" adalah drama tvN dengan rating tertinggi dan menjadi drama TV Korea Selatan dengan rating tertinggi ketiga dalam sejarah televisi kabel Korea.

"Itaewon Class"
Berdasarkan webtoon dengan judul yang sama, "Itaewon Class" adalah serial pertama yang diproduksi oleh perusahaan distribusi film Showbox. Serial ini ditayangkan di JTBC di Korea dari 31 Januari hingga 21 Maret 2020, dan di seluruh dunia melalui layanan streaming Netflix.

Episode terakhir "Itaewon Class" mencatat pangsa pemirsa nasional sebesar 16,548 persen, menjadikannya peringkat pemirsa tertinggi ketiga di JTBC dan drama dengan peringkat tertinggi ketujuh dalam sejarah televisi kabel Korea.

"The King: Eternal Monarch"
"The King: Eternal Monarch" (2020). (Netflix)


"The King: Eternal Monarch" adalah serial televisi fantasi-romantis Korea Selatan tahun 2020 yang dibintangi oleh Lee Min-ho, Kim Go-eun, Woo Do-hwan, Kim Kyung-nam, Jung Eun-chae dan Lee Jung-jin.

Ditulis oleh Kim Eun-sook, serial ini ditayangkan perdana di SBS TV dan Netflix untuk penonton global pada 17 April 2020.

Berlatar di dua dunia paralel, serial ini mengikuti Kaisar Lee Gon (Lee Min-ho) dari Kerajaan Corea, yang menemukan akses ke realitas alternatif setelah melewati pintu mitos yang dibuka oleh paman tirinya, Lee Lim.

Baca juga: Enam hal mengejutkan di penghujung drama "The King: Eternal Monarch"

Baca juga: Empat alasan Woo Do-Hwan curi perhatian di "The King: Eternal Monarch"


Dipuji sebagai salah satu serial yang paling diantisipasi pada paruh pertama tahun 2020 karena pemeran, penulis skenario, publisitas, dan anggaran produksi yang besar, serial ini mencatat rekor untuk peringkat pemutaran perdana drama tertinggi di SBS tahun 2020.

"The World of Married"
Drama ini mengangkat kehidupan pasangan suami istri, keluarga, dan karier. Ji Sun-woo (Kim Hee-ae) adalah seorang dokter keluarga. Dia menikah dengan Lee Tae-oh (Park Hae-joon). Keduanya telah memiliki seorang putra bernama Lee Joon-yeong (Jeon Jin-seo).

Keluarga ini tampak sempurna, memiliki segalanya, termasuk karier yang sukses dan keluarga yang bahagia. Tetapi ternyata, Sun-woo malah dikhianati oleh suaminya sendiri.

Serial televisi ini sempat menjadi pembicaraan yang luas di kalangan penggemar drama Korea di Indonesia karena para lakonnya yang mampu membawakan peran mereka dengan baik, dan membuat "gemas" para penonton.

"Hospital Playlist"
Poster serial drama Korea "Hospital Playlist" (ANTARA/CJ Entertainment)


"Hospital Playlist" adalah angsuran kedua dari seri "Wise Life" setelah "Prison Playbook" (2017–18).

Serial ini dibintangi oleh Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung dan Jeon Mi-do. Musim pertama ditayangkan di tvN dari 12 Maret hingga 28 Mei 2020.

Pada akhir musim pertama, drama ini menjadi serial drama Korea dengan rating tertinggi kesembilan dalam sejarah televisi kabel. Musim keduanya sudah dijadwalkan tayang pada 2021.

Baca juga: Drama "Hospital Playlist" capai peringkat tertinggi sepanjang masa

Baca juga: Produser serial drama "Itaewon Class" bocorkan dua episode terakhir


"It's Okay to be Not Okay"
"It's Okay to Not Be Okay" adalah serial televisi romantis Korea Selatan yang ditayangkan sebanyak 16 episode di tvN dari 20 Juni 2020 hingga 9 Agustus 2020, dan secara bersamaan ditayangkan perdana di Netflix untuk streaming di seluruh dunia.

Dibintangi oleh Kim Soo-hyun sebagai Moon Gang-tae dan Seo Yea-ji sebagai Ko Moon-young, film ini menceritakan kisah romansa antara pengasuh di bangsal psikiatri, yang tidak punya waktu untuk cinta, dan penulis buku anak-anak yang sukses- yang tidak tahu perasaan cinta.
"It's Okay to be Not Okay" (2020). (Netflix)


"Start-Up"
"Start-Up" adalah seri televisi Korea Selatan yang dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seon-ho, dan Kang Han-na.

Drama ini disiarkan di tvN mulai 17 Oktober hingga 6 Desember 2020 dan juga tersedia untuk penonton internasional melalui Netflix.

Serial ini menuai banyak pembicaraan para warganet di Indonesia. Berbagai meme dan tagar "Tim Nam Do-san (Nam Joo-hyuk)" dan "Tim Han Ji-Pyeong (Kim Seon-ho)" -- untuk berebut dipasangkan sebagai dambaan hati Seo Dal-mi (Bae Suzy).

Baca juga: Cerita Kim Seon Ho soal popularitas, ketampanan dan "Start-Up"

Baca juga: Hyeri "Reply 1988" kembali berakting di "My Roommate Is A Gumiho"

Baca juga: Syuting "It's Okay to Not Be Okay" selesai tanpa pesta perpisahan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sentuhan Meidy jadikan "Artificial Intelligent" buatannya diakui dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar