Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Rabu, berbalik melemah dari kenaikan sehari sebelumnya, meskipun sektor sumber daya mengalami kenaikan.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 17,90 poin atau 0,27 persen menjadi 6.682,40 poin, sedangkan indeks All Ordinaries berkurang 19,20 poin atau 0,28 persen menjadi 6.942,90 poin.

Meskipun memulai perdagangan dengan lebih rendah, sektor energi dan material bergerak menguat sepanjang sore untuk berakhir di wilayah positif.

Sektor bahan pokok konsumen juga terangkat menyusul perubahan arah nilai saham supermarket terbesar di negara itu, Woolworths, yang menutup hari hampir setengah persen lebih tinggi.

Namun, yang mengimbangi mereka adalah saham teknologi informasi yang mencerminkan pembalikan oleh raksasa teknologi AS. Perusahaan teknologi keuangan lokal Afterpay kehilangan 3,65 persen setelah terangkat sekitar 5,0 persen sehari sebelumnya.

Di bidang keuangan, saham bank-bank utama sebagian besar melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,50 persen, ANZ turun 0,39 persen, National Australia Bank turun 0,35 persen dan Westpac Bank tidak berubah.

Saham-saham pertambangan beragam dengan Rio Tinto naik 0,43 persen, Fortescue Metals tidak berubah, BHP naik 0,51 persen dan penambang emas Newcrest turun 1,69 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search naik 1,39 persen, Santos tidak berubah dan Woodside Petroleum naik 0,31 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 0,11 persen, dan Woolworths naik 0,43 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,66 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas tidak berubah dan perusahaan biomedis CSL turun 0,18 persen.

Baca juga: Saham Aussie dibuka lebih rendah menyusul penurunan Wall Street
Baca juga: Pasar saham Australia dibuka dengan reli pasca-Natal
Baca juga: Jelang Natal, bursa saham Australia ditutup lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020