kami akan menindak tegas, termasuk akan mencabut izin usahanya bagi yang melanggar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat pengawasan pelarangan perayaan malam Tahun Baru 2021 mulai pukul 19.00 WIB dengan aparat gabungan di seluruh fasilitas umum Ibu Kota, Kamis.

"Mulai jam 19.00 WIB nanti, tidak ada lagi kegiatan, bahkan Kapolda Metro juga mendukung," katanya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, saat berkunjung ke Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan personel gabungan dari unsur Satpol PP, Dishub, TNI dan Polri untuk mengintensifkan pengawasan di lapangan.

Riza mengingatkan seluruh unsur masyarakat di wilayah Jakarta bahwa sesuai dengan Instruksi Gubernur semua kegiatan perayaan malam Tahun Baru ditiadakan.

"Jadi kami sendiri, Pemprov DKI tidak melaksanakan atau menyelenggarakan rangkaian kegiatan akhir tahun sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Jadi, tidak ada konser, tidak ada kegiatan petasan, kembang api serta tidak ada kegiatan kuliner, tarian budaya dan sebagainya," katanya.

Baca juga: Pemprov DKI tegaskan tidak selenggarakan perayaan Tahun Baru 2021
Baca juga: Ingat, Polda Metro sekat 11 titik perbatasan saat malam Tahun Baru


Pemprov DKI juga sudah membuat kebijakan bahwa seluruh pelaku usaha seperti hotel, restoran, kafe, tempat wisata dan lain-lain yang biasanya merayakan perayaan malam Tahun Baru, agar ditiadakan.

"Jadi sekali lagi, sudah berkali-kali, kami sampaikan jangan sampai ada yang coba main-main menganggap enteng atau merasa paling hebat. Sudah diminta ditutup tapi masih juga membuka, kami akan menindak tegas, termasuk akan mencabut izin usahanya bagi yang melanggar," katanya.

Riza mengatakan personel gabungan akan mengintensifkan pengawasan di seluruh lokasi yang berpotensi mengundang kerumunan warga, termasuk jalan umum.

"Nanti ada beberapa titik-titik jalan seperti di Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman dan lainnya yang memang tidak boleh lagi setelah jam 19.00 WIB dilalui oleh kendaraan maupun orang yang jumlahnya lebih dari lima," katanya.

Seluruh kendaraan yang keluar masuk di wilayah perbatasan DKI Jakarta, kata Riza, akan diawasi secara ketat oleh aparat.

Baca juga: Polda Metro Jaya akan sekat akses Jakarta pada malam Tahun Baru
Baca juga: Polisi siapkan 20 pengalihan jalan imbas ditutupnya Sudirman-Thamrin


Riza bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran akan meninjau langsung ke lokasi untuk memastikan seluruh kegiatan perayaan ditiadakan.


#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020