Jakarta (ANTARA) - SPAL mengukir kejutan dengan menumbangkan Sassuolo dengan skor 2-0 pada pertandingan 16 besar Piala Italia, yang dimainkan di Stadion Mapei, Sassuolo, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Klub asal Ferrara yang merupakan satu-satunya tim strata kedua yang tersisa di kompetisi itu akan bertemu dengan Juventus di perempat final.

Baca juga: Juve perlu perpanjangan waktu untuk singkirkan Genoa dari Piala Italia

Sassuolo berantakan setelah Filip Djuricic mendapat kartu merah pada menit ke-47. Situasi tersebut lantas berhasil dimaksimalkan oleh SPAL dengan membuka keunggulan melalui gol Simone Missirolli pada menit ke-49, sebelum Lorenzo Dickmann menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-58, demikian catatan laman resmi FIGC.

Djuricic kurang beruntung gagal membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-23, saat sepakannya membentur tiang gawang. Sassuolo kembali mendapat peluang melalui sepakan Mert Muldur yang tidak akurat, dan SPAL balas mengancam melalui sepakan Lorenzo Dickmann yang juga tidak akurat.

Sassuolo kemudian mendapatkan dua peluang bagus dalam rentang waktu singkat. Pertama sepakan Giacomo Raspadori dapat ditahan kiper Erit Berisha, dan kemudian sambaran Brian Oddei melebar.

Situasi berbalik pada awal babak kedua ketika Djuricic diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Leonardo Sernicola. Wasit sempat melihat tinjauan VAR untuk kemudian memilih memberikan kartu merah.

Baca juga: Napoli dipaksa bekerja keras saat menang 3-2 atas Empoli

Beberapa saat kemudian, SPAL memaksimalkan keadaan dengan memecah kebuntuan saat Demba Seck menggiring bola di tepi lapangan dan mengirimkan umpan tarik untuk diselesaikan Missiroli.

SPAL menambahi gol kedua saat umpan silang Marco D'Alessandro dari sisi kiri disambut sepakan voli Dickmann menembus gawang tuan rumah.

Sassuolo memiliki kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan, namun tiang gawang kembali menjadi penghalang saat sepakan Mert Muldur membenturnya pada fase akhir pertandingan.

Baca juga: Inter depak Fiorentina dari Piala Italia
Baca juga: Milan singkirkan Torino dari Piala Italia melalui adu penalti


Susunan pemain:

Sassuolo (4-2-3-1): Gianluca Pegolo, Mert Muldur, Marlon, Federico Peluso, Rogerio (Giorgos Kyriakopoulos 85'), Pedro Obiang, Maxime Lopez (Kaan Ayhan 68'), Filip Djuricic, Jeremie Boga (Nicolas Schiappacasse 46'), Brian Oddei (Lukas Haraslin 68'), Giacomo Raspadori
Pelatih: Roberto De Zerbi

SPAL (3-4-3): Erit Berisha, Riccardo Spaltro (Luca Ranieri 68'), Francesco Vicari (Nenad Tomovic 46'), Leonardo Sernicola, Marco D'Alessandro (Marco Sala 68'), Lorenzo Dickmann, Alessandro Murgia, Simone Missiroli, Federico Di Francesco (Demba Seck 25'), Enrico Brignola (Gabriel Strefezza 90')
Pelatih: Pasquale Marino

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021