Liga Jerman

Moussa Diaby tampil gemilang untuk bantu Leverkusen tundukkan Dortmund

Moussa Diaby tampil gemilang untuk bantu Leverkusen tundukkan Dortmund

Penyerang Bayer Leverkusen Moussa Diaby merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borussia Dortmund, dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di BayArena, Leverkusen, Selasa (19/1/2021). (ANTARA/AFP/MARTIN MEISSNER)

Jakarta (ANTARA) - Moussa Diaby tampil gemilang dengan mencetak satu gol dan memberikan satu assist, untuk membantu Bayer Leverkusen menang 2-1 atas Borussia Dortmund pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di BayArena, Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Hasil itu mengakhiri rentetan empat pertandingan tanpa kemenangan bagi Leverkusen sekaligus mendongkrak mereka ke posisi kedua di klasemen sementara Liga Jerman dengan 32 poin. Bagi Dortmund, kekalahan itu membuat mereka tertahan di posisi keempat dengan 29 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Leverkusen membuka keunggulan pada menit ke-14, ketika mereka menguasai bola sapuan dari kiper Dortmund Roman Buerki yang didapat Leon Bailey di lapangan tengah. Bola kemudian dikirimkan Bailey kepada Diaby yang berlari menjauhi barisan pertahanan Dortmund, dan dengan mudah menaklukkan Buerki.

Baca juga: Leverkusen resmi rekrut Fosu-Mensah dari Manchester United

Dortmund baru mampu menyamakan kedudukan pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-67. Thomas Delaney merebut bola dan mengoperkannya kepada Raphael Guerreiro, yang lantas diumpankan kepada Julian Brandt untuk diteruskan dengan sepakan keras ke sudut bawah gawang tuan rumah.

Tuan rumah Leverkusen kemudian berada di bawah tekanan saat Jadon Sancho dan Brandy menyia-nyiakan dua peluang bagus. Namun dari serangan balik mereka justru mampu mencuri kemenangan pada menit ke-80, saat Diaby bekerja keras untuk membuat Florian Wirtz memiliki ruang untuk mengemas gol penentu kemenangan.

Pada pertandingan lainnya yang dimainkan dalam waktu bersamaan, Wolfsburg meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah Mainz 05. Gol-gol kemenangan Wolfsburg dibukukan oleh gelandang Polandia Bartosz Bialek pada menit ke-65 dan penyerang Belanda Wout Werghorst pada menit ke-79.

Tambahan tiga poin membawa Wolfsburg naik satu strip ke posisi kelima, dengan koleksi poin yang sama dengan Dortmund yakni 29 poin. Mainz masih belum mampu naik dari posisi ke-17 dengan koleksi tujuh poin.

Baca juga: Axel Witsel akan absen lama karena robek tendon Achilles

Hoffenheim meraih kemenangan perdana dari empat pertandingan pada 2021, dengan kemenangan 3-0 di markas Hertha Berlin.

Hertha memiliki peluang bagus untuk membuka keunggulan melalui eksekusi penalti Krzystof Piatek yang digagalkan kiper Oliver Baumann pada menit ke-12.

Sebastian Rudy kemudian membawa Hoffenheim memecah kebuntuan pada menit ke-33. Penyerang Kroasia Andre Kramaric lantas menyumbang dua gol pada menit ke-68 dan ke-88 untuk memastikan kemenangan Hoffenheim.

Hoffenheim naik tiga strip untuk menghuni posisi ke-11 dengan 19 poin, dan Hertha turun ke posisi ke-14 dengan 17 poin.

Baca juga: Elvedi membuat Gladbach menang tipis 1-0 atas Bremen
Baca juga: Jovic sumbang dua gol saat Frankfurt tundukkan Schalke 3-1

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar