Piala Belanda

Feyenoord dan Heerenveen lanjut ke perempat final Piala KNVB

Feyenoord dan Heerenveen lanjut ke perempat final Piala KNVB

Ilustrasi - Pertandingan 16 besar Piala KNVB yakni FC Emmen vs SC Heerenveen (atas) dan Feyenoord vs Heracles Almelo (bawah) yang berlangsung Kamis (21/1/2021) dini hari WIB. ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - Feyenoord dan SC Heerenveen melanjutkan langkah mereka ke babak perempat final Piala KNVB seusai mengalahkan lawan masing-masing dalam rangkaian laga 16 besar pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Feyenoord yang menjamu Heracles Almelo di Stadion De Kuip, Rotterdam, mampu meredam perlawanan tamunya dan membukukan kemenangan 3-2, demikian catatan laman resmi KNVB.

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Delano Burgzorg, Feyenoord mampu menyamakan kedudukan pada menit kedua injury time babak pertama ketika Luis Sinistera menyambar bola muntah untuk menjebol gawang Heracles.

Baca juga: Ajax menang tipis atas Feyenoord dalam derbi De Klassieker

Memasuki babak kedua, manajer Feyenoord Dick Advocaat melakukan pergantian pemain ganda dengan memasukkan Bryan Linssen dan Ridgeciano Haps, masing-masing untuk Lucas Pratto dan Orkun Kokcu.

Keputusan itu terbukti manjur sebab tujuh menit selepas sepak lanjut babak kedua Linssen mampu menaklukkan kiper Janis Blaswich untuk membawa Feyenoord berbalik memimpin 2-1 atas Heracles.

Lantas pada menit ke-84, Lutsharel Geertruida memperbesar keunggulan Feyenoord dengan menanduk umpan tendangan bebas Mark Diemers demi mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Heracles menciptakan momentum kebangkitan pada injury time ketika Adrian Szoeke memangkas ketertinggalan mereka menjadi 2-3.

Bahkan Heracles hampir menyamakan kedudukan ketika melancarkan sebuah serangan balik berbahaya di pengujung laga, yang untungnya bisa diredam oleh kiper Nick Marsman demi mengunci kemenangan Feyenoord 3-2 sekaligus mengamankan langkah ke babak perempat final.

Baca juga: Utrecht kembali ke jalur kemenangan saat atasi Heracles 2-0

Sementara itu dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal di Stadion De Oude Meerdijk, Heerenveen mampu menggelar lakon kebangkitan untuk membekuk tuan rumah FC Emmen 2-1.

Heerenveen turun minum dalam keadaan tertinggal 0-1 akibat gol Sergio Pena pada menit ke-44.

Pada menit ke-72, Benjamin Nygren melepaskan umpan silang yang sempat membentur pemain Emmen sehingga berbuah gol penyama kedudukan.

Kedua tim sepertinya akan memainkan babak tambahan waktu, tetapi Ricardo van Rhijn divonis melakukan pelanggaran handball di dalam area terlarang di pengujung waktu normal sehingga Heerenveen mendapat hadiah tendangan penalti.

Hadiah tendangan penalti mampu dikonversi dengan baik oleh Joey Veerman yang memastikan kemenangan Heerenveen.

Heerenveen menjadi satu dari empat tim yang dipastikan menjadi tuan rumah dalam pertandingan babak perempat final, kendati masih menunggu lawan mereka dalam undian yang akan dilakukan menyusul.

Baca juga: PSV Eindhoven bekuk Sparta Rotterdam dalam drama delapan gol
Baca juga: Ajax kokohkan posisi puncak selepas pecundangi Twente

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar