Saya bangga dan bahagia karena saya dapat mengemban tugas baru, setelah beberapa tahun belakangan saya hanya menjadi kandidat
Jakarta (ANTARA) - PSSI resmi menunjuk Rudy Eka Priyambada menjadi pelatih kepala tim nasional putri senior Indonesia, posisi yang lowong sepeninggal juru taktik sebelumnya Rully Nere.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis, keputusan tersebut ditetapkan PSSI dalam rapat Komite Eksekutif pada Rabu (20/1).

"Penunjukan ini berdasarkan rekomendasi dari hasil seleksi yang dilakukan tim direktur teknik," ujar pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Baca juga: Persebaya lepas pelatih fisik Rudy Eka

Menurut Yunus, Rudy Eka dapat melewati serangkaian proses seleksi yang diterapkan PSSI di bawah pengawasan sang direktur teknik Indra Sjafri.

Proses pencarian pelatih timnas putri sendiri sudah dimulai sejak 18 Januari 2021.

"Tentu banyak persyaratan dan hal-hal teknis yang menjadi pertimbangan oleh tim direktur teknik dalam melakukan proses seleksi para kandidat," ujar pria yang juga anggota Exco PSSI itu.

Sementara Rudy Eka mengatakan bahwa dia bangga bisa mendapatkan tugas sebagai pelatih timnas putri.

Pelatih berlisensi A AFC itu pun siap menunaikan tugas-tugas yang sudah menunggu.

"Saya bangga dan bahagia karena saya dapat mengemban tugas baru, setelah beberapa tahun belakangan saya hanya menjadi kandidat. Ke depan saya akan mempersiapkan kerangka tim. Jika tidak bergeser, akan ada beberapa agenda timnas wanita yang harus dihadapi," kata Rudy.

Nama Rudy Eka Priyambada cukup dikenal di dunia kepelatihan sepak bola Indonesia.

Baca juga: Papat: Satia Bagdja sempat ikuti seleksi pelatih timnas putri

Laki-laki berusia 38 itu pun pernah berkarier di luar negeri, tepatnya di Australia dan Bahrain.

Jika di Australia dia menjadi pelatih kepala tim semi profesional, di Bahrain dia sempat bertugas sebagai asisten pelatih klub Al Najma, sebelum akhirnya naik jadi pelatih kepala tim yang bermain di kasta kedua liga negara tersebut.

Dalam perjalanannya, Rudy Eka sempat melatih klub Liga 2 Celebest FC Palu dan PS Tira di Liga 1 Indonesia 2017.

Pada tahun 2019, Rudy Eka bertugas menjadi pelatih fisik Persebaya.

Timnas putri Indonesia sendiri diproyeksikan bermain di beberapa turnamen internasional pada tahun 2021 seperti Piala Jenesys di Jepang (1-8 Juni), Piala AFF U-16 Girls Championship di Indonesia (2-15 Agustus), AFC U-20 Women's Asian Cup 2022 (14-22 Agustus), AFF Women's Championship 2021 di Filipina (Agustus-September), AFC Women's Asian Cup India 2022 di Indonesia (13-25 September), AFC U-17 Women's Asian Cup (18-26 September), AFC U-20 Women's Asian Cup 2022 Qualifiers Round 2 (3-7 November), AFF U-19 Women's Championship 2021 di Indonesia (16-28 November), SEA Games di Vietnam (15 November-1 Desember) dan AFC U-17 Women's Asian Cup 2022 Qualifiers Round 2 (8-12 Desember).

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021