Sepak Bola Nasional

Asnawi Mangkualam dikabarkan bergabung dengan klub Korea Selatan

Asnawi Mangkualam dikabarkan bergabung dengan klub Korea Selatan

Dokumentasi - Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay seusai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

"Sebagai seorang bek, ia adalah pemain dengan tekad dan semangat tinggi. Ia akan bekerja dengan baik di K-League,"
Jakarta (ANTARA) - Pemain asal PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, dikabarkan akan bergabung dengan klub kasta kedua Liga Korea Selatan (K-League 2), Ansan Greeners, dengan durasi kontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan.

Kabar bergabungnya pemain timnas itu dilaporkan media Korea Selatan, KBS, pada Jumat, dengan mengutip pernyataan kepala tim Ansan Greeners FC Joo Chan-yong.

"Pada tanggal 19 diputuskan untuk mengontrak bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. Jangka waktu kontrak yang ditetapkan yaitu satu tahun ditambah satu tahun sebagai opsi," ujar Joo.

Menurut KBS, bergabungnya Asnawi menjadi kali pertama pemain Indonesia yang merumput di pesepakbolaan Korea Selatan. Di satu sisi, peran dari pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong turut membantu kepindahan Asnawi.

Baca juga: Asnawi salurkan kesibukan ke kanal YouTube pribadi di tengah pandemi
Baca juga: Asnawi ingin bermain di kawasan Asia jika berkarier di luar negeri


Shin memberikan rekomendasi kepada manajemen klub Ansan Greeners untuk mengikat salah satu anak asuhnya. Karena rekomendasi itu langsung dari Shin, klub yang berjuluk Serigala Hijau itu tak pikir panjang untuk merekrut Asnawi.

"Sebagai seorang bek, ia adalah pemain dengan tekad dan semangat tinggi. Ia akan bekerja dengan baik di K-League," kata Shin.

"Dia pemain muda menjanjikan yang sudah aktif bermain untuk timnas baik di level U-23 maupun senior. Dia berposisi sebagai bek kanan dan memiliki kemampuan bertahan yang baik dengan memanfaatkan postur tubuh," ujarnya menambahkan.

Ansan juga berharap dengan bergabungnya Asnawi dapat berdampak pada keterkenalan klub di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Apalagi Ansan dikenal sebagai wilayah dengan banyak keluarga multikultural. Para pendukungnya pun bukan hanya dari warga lokal saja.

Baca juga: Asnawi Mangkualam akui sempat tolak jadi bek kanan
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar