6.600 bibit pohon ditanam di sekitar jalan tol Trans Sumatera

6.600 bibit pohon ditanam di sekitar jalan tol Trans Sumatera

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menanam bibit pohon kayu putih dalam acara penanaman bibit pohon di area rehat 87 Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung Tengah, Senin 25/1/2021. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Lampung Tengah (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penanaman 6.600 bibit pohon di area sekitar jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbangi Besar-Kayu Agung.

"Ini bukan pertama kami menanam dan kami gerakkan lagi selagi musim penghujan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada acara penanaman bibit pohon di area rehat Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung Tengah, Senin.

"Kita gerakkan penghijauan di ruas tol atau bendungan sebagai kepedulian akan isu perubahan iklim," katanya.

Penghijauan kawasan sekitar jalan tol, menurut dia, merupakan bagian dari upaya untuk menyelaraskan kegiatan pembangunan dengan konservasi.

"Penanaman pohon ini bagian dari rencana menghijaukan jaringan jalan tol di Indonesia yang berfokus pada penataan lanskap ruang terbuka hijau dan permasalahan perubahan iklim," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit.

Ia mengatakan, penghijauan kawasan sekitar jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbangi Besar-Kayu Agung dilakukan dengan menanam 6.600 bibit pohon kayu putih serta gaharu.

"Penghijauan ini selain bermanfaat untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim serta menjaga keberagaman hayati juga dapat menghasilkan nilai komersial, sebab tanaman tersebut cukup cepat tumbuh sehingga dapat dirasakan manfaatnya akhir tahun ini," katanya.

Danang menambahkan, kegiatan penghijauan di kawasan sekitar jalan tol juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk menyelaraskan kegiatan pembangunan dengan konservasi alam.

Baca juga:
Temanggung siapkan 125.000 bibit pohon untuk hijaukan lahan kritis
Jeneberang siapkan 2,5 juta bibit pohon untuk pulihkan DAS

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar