Liga Inggris

Leicester buang peluang naik posisi kedua setelah dipecundangi Leeds

Leicester buang peluang naik posisi kedua setelah dipecundangi Leeds

Pemain sayap Leeds United Jack Harrison (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ketiga timnya ke gawang Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Minggu (31/1/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Rui Vieira)

Jakarta (ANTARA) - Leicester membuang peluang untuk naik ke posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris setelah dipecundangi tamunya Leeds United dengan skor 1-3 dalam laga pekan ke-21 di Stadion King Power, Minggu.

Hasil itu menghentikan rentetan lima laga nirkalah Leicester dan tim besutan Brendan Rodgers itu tertahan di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 39 poin, terancam digusur oleh Liverpool (37) yang bermain lebih larut.

Sedangkan Leeds meski menang belum beranjak dari urutan ke-12 klasemen, di bawah Southampton, karena kalah selisih gol kendati sama-sama mengoleksi 29 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Vardy kemungkinan kembali merumput lebih cepat pascaoperasi hernia

Absennya Jamie Vardy yang masih memulihkan diri dari operasi hernia, awalnya tampak tak mempengaruhi Leicester, sebab The Foxes mampu memimpin pada menit ke-13 melalui gol Harvey Barnes yang menyelesaikan umpan kiriman James Maddison.

Namun, keunggulan itu hanya bertahan sejenak, sebab dua menit kemudian Stuart Dallas mampu memanfaatkan umpan sontekan Patrick Bamford untuk membuat kedudukan kembali imbang.

Pada menit ke-20, Ayoze Perez kembali menjebol gawang tim tamu menyelesaikan bola muntah hasil tembakan Maddison, tetapi gol itu belakangan dianulir oleh VAR karena offside.

Semenit kemudian, Leeds harus kehilangan Rodrigo Moreno karena cedera pangkal paha dan ia meninggalkan lapangan digantikan oleh Mateusz Klich.

Pada menit ke-32, giliran gol Leeds yang dicetak Bamford dianulir oleh VAR, karena dalam proses serangan Klich dianggap menutup jarak pandang kiper Kasper Schmeichel.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan kedua tim tampak kesulitan menemukan pemecah kebuntuan lagi di babak kedua, hingga akhirnya pada menit ke-70 blunder lini pertahanan Leicester berujung gol yang membawa Leeds berbalik memimpin.

Jonny Evans kehilangan bola di sisi kanan pertahanan Leicester, Raphinha merebutnya sebelum mengirim umpan yang diselesaikan dengan sempurna oleh Bamford untuk menaklukkan Schmeichel demi mengubah kedudukan jadi 2-1 atas tuan rumah.

Baca juga: Leeds perburuk tren nirmenang Newcastle

Leicester berusaha menciptakan gol balasan instan tetapi tembakan Wesley Fofana hanya menghasilkan sepak pojok, dan tendangan voli Evans melenceng dari sasaran.

Gagal membalas, lini belakang Leicester dipaksa bekerja keras ketika Liam Cooper menanduk umpan sepak pojok Kalvin Phillips pada menit ke-82, beruntung Ricardo Pereira bisa menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Dua menit kemudian, Leicester tak bisa berbuat banyak ketika lini belakang mereka dieksploitasi gelombang serangan balik Leeds yang berakhir dengan aksi cermat Bamford mengirim umpan tarik kepada Jack Harrison yang berdiri bebas demi mengunci kemenangan 3-1.

Kedua tim selanjutnya akan kembali bermain pada Rabu (3/2) pekan depan, saat Leicester bertandang ke markas Fulham dan Leeds menjamu Everton di Elland Road.

Baca juga: Bungkam Burnley, Chelsea petik kemenangan perdana era Tuchel
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Manchester City unggul tiga poin di puncak
Baca juga: MU kembali kesulitan menjaga momentum

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar