Hari ini ada 50 warga yang kita berikan 'swab antigen' gratis disertai pembagian sembako
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor Metro Gambir menggalakkan penyelenggaraan tes cepat dengan metode usap antigen di Mapolsektro Gambir sehingga angka penyebaran COVID-19 di Kecamatan Gambir dapat terus ditekan.

"Jadi, hari ini kami meminta dari Bhabinkamtibmas bersama Babinsa untuk mendata dan mengumpulkan warga Kecamatan Gambir. Hari ini ada 50 warga yang kita berikan 'swab antigen' gratis disertai pembagian sembako," ujar Kapolsek Metro Gambir AKBP Kadek Budiarta di Mapolsektro Gambir, Selasa.

Pria yang akrab disapa Budi itu mengatakan penyediaan alat tes cepat swab antigen disediakan oleh Polda Metro Jaya, sedangkan untuk jasa tenaga medis Polsek Metro Gambir bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Gambir.

Rangkaian tes COVID-19 itu nantinya akan secara rutin diselenggarakan di Polsek Metro Gambir, setiap pengetesan nantinya dapat diikuti 50 warga sesuai dengan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan.

"Nantinya akan berlanjut, tidak hanya hari ini saja, karena kita batasi dan hanya menampung 50 orang jadi kita hari ini 50 dulu. Nanti kita jadwalkan 50 orang berikutnya," kata Budi.
Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta bersama Camat Gambir Fauzi di Polsek Metro Gambir untuk acara swab antigen warga, Selasa (2/2/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

Dari data yang dihimpun, didapatkan satu warga mendapatkan hasil reaktif sehingga selanjutnya dijadwalkan untuk menjalani tes usap PCR COVID-19 di Puskesmas Kecamatan.

Budi mengatakan untuk warga yang didapati reaktif itu diharapkan dapat mengisolasi diri hingga hasil usap PCR dari Puskesmas keluar.

Camat Gambir Fauzi mengatakan jika nantinya didapatkan hasil warga tersebut positif maka nantinya penanganan akan disesuaikan dengan kebutuhan warganya.

"Kalau positif kita akan koordinasi dengan Wisma Atlet atau Rumah Sakit terdekat," kata Fauzi.

Baca juga: Tes usap antigen penghuni indekos digelar di Jakarta Pusat
Baca juga: Polrestro Jaksel gelar layanan tes cepat antigen gratis di pospam

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021