Solusi untuk menghilangkan kilau minyak pada wajah

Solusi untuk menghilangkan kilau minyak pada wajah

Ilustrasi - Kulit berminyak. ANTARA/Shutterstock.

Jakarta (ANTARA) - Wajah berkilau merupakan salah satu tanda bahwa kulit dirawat dengan rutin dan rajin, namun berkilau karena sehat dan berminyak adalah dua hal yang berbeda.

Lapisan minyak tipis sering muncul di permukaan wajah, khususnya bagi si pemilik kulit berminyak. Minyak tersebut akan membuat wajah tampak berkilau, tapi jelas bukan ini yang Anda harapkan.

Untuk menghilangkan kilau minyak di wajah, berikut adalah beberapa solusinya, dikutip Indian Express pada Kamis.

Kurangi riasan
Yang harus Anda lakukan adalah membuat beberapa perubahan kecil namun signifikan, termasuk meninggalkan produk berbasis krim dan menambahkan produk bubuk yang akan membantu menyerap minyak ekstra.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan riasan berbahan dasar air atau mineral agar bertahan lebih lama di kulit.

Baca juga: Sembilan mitos umum tentang perawatan kulit

Baca juga: Enam kandungan "skincare" yang akan jadi tren di 2021


Gunakan pembersih asam salisilat
Mereka yang memiliki kulit berminyak akan setuju bahwa produk dengan kandungan tersebut tidak hanya menghilangkan jerawat tetapi juga membantu mengendalikan produksi minyak.

Asam salisilat membantu memecah minyak di pori-pori dan dengan lembut mengelupas kulit untuk menyingkirkan sel-sel mati yang menyumbat kulit.

Gunakan primer bebas minyak
Primer bebas minyak akan membuat kulit terasa matte. Anda juga bisa menggunakan primer sebagai pengisi pori untuk membantu Anda merias wajah dengan lebih mulus.

Gunakan pelembab
Seringkali, hidrasi disalahartikan dengan minyak dan orang dengan kulit berminyak sering kali tidak menggunakan pelembab.

Ini merupakan langkah penting untuk semua jenis kulit. Anda dapat menambahkan pelembab berbasis asam hialuronat yang tidak hanya mengontrol produksi minyak tetapi juga memastikan keseimbangan air di kulit Anda.

Kertas minyak
Selalu bawa kertas minyak yang dapat digunakan untuk menghilangkan minyak pada zona-T atau hidung dan dahi.

Gunakan krim malam
Apapun formulanya, pastikan produk ini mengandung kafein yang meminimalkan pori-pori, niacinamide, anti-inflamasi, asam salycilic oil-zapping atau AHA pengelupas.

Jangan melewatkan tabir surya
Tabir surya mineral berbahan dasar seng paling baik untuk Anda. Pilihlah tabir surya yang memiliki warna tipis, harum dan non-comedogenic.

Lakukan eksfoliasi
Hanya karena memiliki kulit berminyak bukan berarti Anda melakukan pengelupasan lebih sering, ini justru lebih berbahaya. Sebaiknya pilih eksfoliator ringan seperti asam glikolat, asam laktat atau retinoid. Semuanya dalam persentase rendah antara 6-12 persen.

Baca juga: Dokter ingatkan Anda teliti pilih produk "skincare"

Baca juga: Langkah hilangkan kulit kusam dengan rangkaian baru Y.O.U

Baca juga: Muncul alergi kulit selama WFH? Mungkin gara-gara stres

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar