Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, bersama dengan perusahaan teknologi Grab dan Good Doctor menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 secara drive thru di Bali, pada hari Minggu ini.

Hal ini diharapkan mampu mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi di Pulau Dewata maupun nasional.

"Ini adalah kolaborasi inspiratif antara dunia usaha dan pemerintah. Kita ingin pekerja wisata yang hadir mendapatkan vaksin bisa memulai satu langkah yang kolosal dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno dalam jumpa pers daring, Minggu.

Baca juga: Kementerian Pariwisata nilai Bintan siap terima wisman di normal baru

Adapun mereka yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 meliputi sekitar 3.000 pekerja pariwisata dan pengemudi angkutan umum daring dan luring. Salah satu yang mendapat dosis pertama adalah para pengemudi ojek daring Grab di Bali.

"Ini adalah aksi konkret penerapan inovasi dan kolaborasi," kata Menteri Sandiaga.

"Untuk masyarakat, tenang saja ketika divaksin. Namun ke depannya kita harus tetap lakukan 3M; memakai masker, menjaga jarak dan yang harus kita pastikan rajin mencuci tangan. Pemerintah juga gencarkan 3T, testing, tracing dan treatment, dan juga CHSE (Cleanliness , Health, Safety, and Environmental Sustainability) di tempat wisata," imbuhnya.

Gubernur Bali I Wayan Koster menambahkan, ia berharap pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja di sektor pariwisata ini mampu mendukung perumusan zona hijau yang nantinya tempat-tempat wisata bisa dikunjungi oleh pelancong domestik dan mancanegara dengan aman.

"Ini sangat baik karena kami rumuskan zona hijau yang akan boleh dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara," kata Koster.

"Harapannya, vaksinasi bisa mendorong pemulihan pariwisata di Bali dan ekonomi secara cepat. Sudah satu tahun pandemi, maka upaya untuk vaksinasi harus kita dukung secara bersama," imbuhnya.

Selain pertama di Indonesia, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara drive thru ini juga yang pertama dilakukan di Asia Tenggara.

"Hari ini kami bangga bisa bersama-sama mendukung melahirkan inovasi baru yaitu pertama kali vaksinasi drive thru di Indonesia bahkan di Asia Tenggara," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Baca juga: Pengunjung dibatasi sesuai prokes, Museum Tsunami Aceh dibuka lagi

Baca juga: Kemenparekraf buat famtrip promosi destinasi berprotokol CHSE di Bali

Baca juga: Di Aceh 62 tempat bersejarah ditetapkan sebagai situs cagar budaya

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021