Sepak Bola Nasional

PSSI minta maaf kepada Polri soal izin timnas versus Tira Persikabo

PSSI minta maaf kepada Polri soal izin timnas versus Tira Persikabo

Pemain tim nasional Indonesia berlatih di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (2/3/2021), menjelang laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United. Pertandingan itu menjadi bagian dari persiapan menuju SEA Games 2021. (Michael Siahaan)

PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan
Jakarta (ANTARA) - PSSI meminta maaf kepada Markas Besar Polri karena merasa sudah memberikan kerepotan soal izin keramaian laga uji coba tim nasional U-22 melawan Tira Persikabo, yang pada akhirnya tidak terbit dan membuat pertandingan dibatalkan.

"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan. Mungkin karena izin kami terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan," ujar pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu.

Pertandingan uji coba timnas U-22 menghadapi Tira Persikabo sejatinya berlangsung pada Rabu (3/3) mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, kurang dari satu jam sebelum laga dimulai dan para pemain sudah berada di stadion, polisi tidak memperbolehkan pertandingan digelar dengan alasan izin keramaian kegiatan itu belum keluar.

Baca juga: Laga uji coba timnas Indonesia versus Tira Persikabo batal
Baca juga: Timnas U-22 hadapi Tira Persikabo karena Bhayangkara FC tak siap


Menurut Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan, yang datang langsung ke Madya, PSSI terlambat membuat surat permohonan izin keramaian.

"Panitia sudah bersurat, tetapi baru hari ini. Terlalu mepet," kata Singgih.

Sementara terkait izin keramaian itu, PSSI akan berkoordinasi dengan Polri ke depan agar dapat menggelar pertandingan uji coba karena itu menjadi bagian dari persiapan menuju SEA Games 2021.

Timnas U-22 juga sudah menjalani pemusatan latihan (TC) sejak 8 Februari 2021 di Jakarta.

"PSSI akan terus berkoordinasi dengan Mabes Polri. Tim ini butuh uji coba. Itu sebabnya Pelatih Shin Tae-yong menjadwalkan uji coba dengan klub Liga 1 agar tim lebih berkembang karena timnas Indonesia ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021," tutur Yunus.

Baca juga: Timnas U-22 berjanji tampil maksimal pada dua uji coba
Baca juga: Shin Tae-yong targetkan kemenangan pada dua laga uji coba


Sementara pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya mengerti dengan situasi yang membuat pertandingan uji coba versus Tira Persikabo.

"Saya harap ini hanya ditunda. Tim ini butuh uji coba. Apalagi target PSSI ialah merebut medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Timnas U-22, yang tengah menjalani pemusatan latihan persiapan SEA Games 2021, dijadwalkan mengikuti dua pertandingan uji coba pada Maret 2021.

Selain menghadapi Tira Persikabo, skuad Garuda rencananya akan melawan Bali United pada Jumat (5/3).

Baca juga: Ketua Umum PSSI minta pemain timnas tidak mengeluh
Baca juga: PSSI belum bisa pastikan TC luar negeri timnas SEA Games
Baca juga: Timnas TC SEA Games 2021 lengkap untuk pertama kalinya

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jong Ambon FC diharap bisa bangkitkan sepak bola di Ambon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar