Dinas SDA Jaksel keruk lumpur di Kali Grogol

Dinas SDA Jaksel keruk lumpur di Kali Grogol

Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji ketika meninjau pengerukan Kali Grogol, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021). (ANTARA/Kominfotik Jakarta Selatan)

pekerjaan pengerukan dilaksanakan sepanjang 250 meter
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Selatan mengeruk lumpur di aliran Kali Grogol, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak untuk memperlancar aliran air sungai.

"Pengerukan sepanjang 250 meter," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan Junjung di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Terdapat 11 lokasi tanah longsor akibat banjir di Jaktim

Suku Dinas SDA Jakarta Selatan menerjunkan dua unit ekskavator amfibi untuk mengeruk endapan lumpur pada aliran sungai yang berada di Jalan Gunung Balong II RT011/RW04 Kelurahan Lebak Bulus, Cilandak.

Dengan begitu, aliran sungai menjadi lebih lancar khususnya ketika hujan turun agar tidak mudah meluap yang berpotensi mengakibatkan genangan atau banjir.

Baca juga: Satu rumah warga rusak akibat longsor di Pejaten Timur

Sebelumnya, proses pengerukan sungai itu mendapat perhatian Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji saat meninjau lokasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Isnawa mengingatkan warga yang tinggal di bantaran kali untuk memperhatikan jarak aman seperti garis sepadan sungai karena bangunan terlalu dekat dengan pinggiran sungai, rawan terjadi longsor.

Baca juga: Lurah dan camat se-Jaksel diminta pantau tali air

Ia juga meninjau perbaikan turap yang longsor di RT08/RW08 Jalan Kamboja Lebak Bulus.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Jakarta Selatan beberapa hari lalu.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Alur Sungai Mentaya dangkal, perlu pengerukan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar