Lansia diimbau tak ragu vaksinasi COVID-19

Lansia diimbau tak ragu vaksinasi COVID-19

Petugas Puskesmas Kecamatan Cilandak menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada lansia di SDN 04 Pagi Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Jakarta (ANTARA) - Warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Kuningan Barat (Jakarta Selatan) diimbau tidak ragu menjalani vaksinasi untuk mengendalikan penyebaran pandemi COVID-19.

"Kami berharap warga Kuningan Barat berikhtiar melawan COVID-19 terutama pada lansia yang sangat rentan dengan virus corona," kata Lurah Kuningan Barat Agus Muharam ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi lansia di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jumat.

Terkait vaksinasi khususnya lansia pihaknya mendapatkan kendala berupa maraknya kabar bohong atau hoaks yang membuat masyarakat ragu untuk mengikuti vaksinasi.

Beberapa waktu lalu, sejumlah hoaks bermunculan di antaranya melalui pesan berantai yang mengajak warga lansia untuk vaksinasi hanya dengan menunjukkan KTP di Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan (BPPSDMK) di Jakarta Selatan.

Akibatnya, sempat terjadi antrean panjang warga lansia yang ingin melakukan vaksinasi.
Ia pun mengajak warga untuk tidak mudah terpengaruh dengan kabar yang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Baca juga: Realisasi vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Jaksel capai 8,9 persen
Baca juga: Dinas Kesehatan Jaksel siapkan ICU mini saat vaksinasi lansia
Petugas Puskesmas Kecamatan Cilandak bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada lansia di SDN 04 Pagi Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww. 

Meski begitu, ia mengapresiasi antusiasme masyarakat lansia yang saat ini mengikuti vaksinasi. Hingga saat ini tercatat sudah ada 250 warga lansia yang divaksinasi di Kelurahan Kuningan Barat.

Ia menargetkan sebanyak 700 lansia mendapatkan vaksinasi. Untuk mendorong target vaksinasi lansia itu, vaksinasi di Kuningan Barat diadakan dalam dua sesi, yakni sesi I dari pukul 08.00-11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00-15.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kuningan Barat Feby Halita menjelaskan jumlah petugas medis yang dikerahkan sebanyak 24 orang, terdiri atas 21 petugas medis dari Kelurahan Kuningan Barat dan tiga petugas RSUD Mampang Prapatan.

Adapun kendala kegiatan vaksinasi, yakni kurangnya tenaga medis untuk menangani vaksin lansia karena petugas medis lainnya masih bertugas di Puskesmas lain.

"Kami juga mengusahakan untuk klinik swasta agar dapat berkolaborasi, saling membantu dalam vaksinasi lansia yang ada di Kuningan Barat, Jakarta Selatan," katanya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dinkes Palangka Raya bersama Babinsa Babinkamtibmas lakukan serbuan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar