Solo (ANTARA) - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno menyebutkan tim peserta harus menjalani tes usap antigen untuk setiap pertandingan Piala Menpora 2021 yang bakal digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, mulai 21 Maret nanti.

Langkah ini diambil untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan pada setiap pertandingan Piala Menpora selama pandemi, sambung Sudjarno dalam  acara simulasi protokol kesehatan persiapan Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Jumat.

Sesuai Standard Operating Procedure (SOP), setiap pertandingan Piala Menpora hanya boleh dihadiri 200 orang yang terdiri dari pemain, pelatih, ofisial, anak gawang, media, tim medis, tamu, panitia, dan kelengkapan pertandingan.

Venue pertandingan dibagi ke dalam empat zona. Zona satu merupakan kawasan lapangan untuk pemain, ofisial, pelatih, anak gawang, perangkat pertandingan dan tim medis.

Zona dua meliputi lorong kamar ganti pemain. Zona tiga yakni tribun yang ditempati media, undangan atau pejabat PSSI. Sedangkan, zona empat adalah kawasan uar stadion yang diisi aparat TNI/Polri.

Sudjarno menjelaskan, sesuai protokol kesehatan, tim yang tiba di hotel pada dua hari sebelum pertandingan akan menjalani tes usap antigen, meski  sebelum berangkat ke Solo sudah dites usap antigen.

Pada hari pertandingan digelar, pada pukul 09.00 WIB semua pemain dan ofisial diharuskan menjalani lagi tes usap antigen.

Hasil tes usap antigen diambil di tiga tempat, yakni di hotel di mana tim menginap, hotel tempat perangkat pertandingan atau wasit, dan di venue atau stadion tempat pertandingan digelar.

Baca juga: Amer Bekic absen dua sesi latihan Borneo FC

Ketentuan ini berlaku untuk semua pertandingan dan menjadi tanggung jawab panitia penyelenggara.

Sudjarno menyatakan keberhasilan PSSI menggelar pertandingan uji coba timnas di Jakarta beberapa waktu lalu menjadi rujukan karena dinilai sempurna menerapkan protokol kesehata.

"Kami akan matangkan, dan jika ada celah-celah akan diperbaiki, di Stadion Manahan Solo ini dilakukan simulasi antara tim medis, Satgas COVID-19, Menpora, termasuk panitia pelaksana lokal yang akan menggelar pertandingan itu," kata Sudjarno.

Pertandingan Grup A di Stadion Manahan Solo akan diikuti Arema FC, TIRA Persikabo, PSIS Semarang, dan Barito Putra, yang akan dibuka laga Arema melawan TIRA Persikabo.

Grup B bertanding di Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang dan diikuti Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, Persija Jakarta, PSM Makassar.

Grup C di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung yang diikuti Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United, PSS Sleman, dan Persela Lamongan. 

Grup D di Stadion Maguwoharjo Sleman diikuti Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Persib Bandung, dan Bali United. 

Baca juga: Arhan dan Hari Nur sudah gabung latihan PSIS Semarang

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021