Jakarta (ANTARA) - Pemimpin klasemen keseluruhan balap sepeda Paris-Nice, Primoz Roglic, memperlebar keunggulannya dengan menjuarai etape keenam balapan ini Jumat setelah dua hari penutupan balapan ini disusun lagi rutenya karena situasi virus corona di Prancis selatan.

Roglic yang mewakili tim Jumbo-Visma dan dua kali juara Vuelta a Espana, menyisihkan Christophe Laporte dari tim Cofidis yang menduduki urutan kedua dalam etape itu dan pebalap tim Bike Exchange, Michael Matthews, yang menempati urutan ketiga dalam final tanjakan yang menegangkan di dekat kota Biot.

Roglic yang berasal dari Slovenia, merampas jersey kuning dari pebalap sepeda Jerman Maximilian Schachmann dengan selisih 41 detik, sedangkan pebalap Spanyol Ion Izagirre menempati urutan ketiga klasemen keseluruhan dengan selisih 50 detik lebih lambat.

Baca juga: Primoz Roglic juarai etape empat Paris-Nice, puncaki klasemen

Hari ini Wali Kota Nice Christian Estrosi mengumumkan rute balapan dialihkan dengan finis di luar kota guna menghindari lockdown lokal COVID-19.

"Keren sekali menang seperti ini. Sungguh berat sejak awal hari, itulah alasannya saya senang pada akhirnya," kata Roglic seperti dikutip AFP.

"Saya harus menghadapinya (perubahan ini). Etape-etapenya sungguh pendek untuk keduanya dan pastinya ini akan sangat menyenangkan," sambung dia.

Baca juga: Sepeda Roglic rusak ketika inspeksi

Balapan yang biasanya finis di Promenade des Anglais itu akan berakhir Minggu lusa dengan tempat 40 km lebih ke utara kota Levens yang terletak di luar zona karantina wilayah.

Etape akhir itu akan dimulai dari Plan du Var, sekitar 30 kilometer sebelah utara Nice.

Sedangkan etape ketujuh esok Sabtu yang tadinya dimulai dari Nice kini akan diawali dari Le Broc dan finis sesuai rencana di Valdeblore La Colmiane.

Baca juga: Primoz Roglic jadi yang tercepat pada etape empat TdF
Baca juga: Cavendish balik lagi ke Deceuninck-Quick Step untuk musim 2021
Baca juga: Pebalap sepeda Riccardo Ricco dilarang seumur hidup

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021