Satgas pastikan imam hingga khatib di Kepri divaksin sebelum Ramadhan

Satgas pastikan imam hingga khatib di Kepri divaksin sebelum Ramadhan

Seorang wartawan mengikuti vaksinasi tahap II di Aula Wan Seri Beni Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (1/3). ANTARA/Ogen.

Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Satgas COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad memastikan imam, bilal, dan khatib di daerah itu disuntik vaksin sinovac sebelum memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Pihaknya sedang menyusun waktu dan jadwal pelaksanaan vaksinasi tersebut. Untuk tahap awal akan dilaksanakan di pusat ibu kota pemerintahan, yaitu Kota Tanjungpinang.

"Setelah itu kita buat surat edaran, mendorong seluruh kabupaten/kota melaksanakan vaksinasi untuk imam, bilal, dan khatib jelang Ramadhan," kata Ansar Ahmad, Selasa.

Baca juga: Ribuan ulama dan imam masjid di Sidoarjo ikuti vaksinasi COVID-19

Ansar mengatakan vaksinasi tersebut bertujuan agar jemaah merasa lebih leluasa, aman, dan nyaman melaksanakan salat tarawih maupun ibadah-ibadah lainnya di masjid.

Jangan seperti Ramadan tahun lalu, di mana warga sedikit banyak enggan beribadah di masjid karena khawatir terpapar COVID-19.

"Kalau imam, bilal, dan khatib sudah divaksin. Tentu akan lebih aman dari ancaman COVID-19," tuturnya.

Baca juga: Presiden tinjau vaksinasi bagi ulama, santri, tokoh agama di Jateng

Lebih lanjut, Ansar turut memaparkan capaian vaksinasi di Kepri hingga 15 Maret 2021. Vaksinasi tahap I untuk tenaga kesehatan, dosis pertama mencapai 16.035 orang (90,7 persen) dan dosis kedua mencapai 14.345 orang (89,5 persen).

Sementara vaksinasi tahap II untuk lanjut usia, dosis pertama mencapai 2.610 orang (41,5 persen) dan dosis kedua 0 persen.

Adapun vaksinasi tahap II untuk petugas publik, dosis pertama mencapai 10.751 orang (97,3 persen) dan dosis kedua mencapai 321 (2,9 persen).

Baca juga: 250 pengurus MUI Pusat jalani vaksinasi
Baca juga: Tiga kabupaten di Kepri nol kasus COVID-19

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksin tiba, pemerintah upayakan pasokan lewat kemitraan-kemitraan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar