Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Manajemen Arema FC mengajak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Malang Raya untuk mengampanyekan "Gerakan Dukung dari Hamur" (hamur=rumah, bahasa walikan atau dibalik khas Malang).

Media Officer Arema FC, Sudarmaji di Malang, Rabu, mengemukakan selain UMKM, pihaknya berharap andil dari tiga kepala daerah di Malang raya, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu untuk menyukseskan gerakan tersebut menjelang bergulirnya Piala Menpora 2021.

Arema FC menilai bahwa momen kebangkitan sepak bola Indonesia harus dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Daerah untuk memajukan UMKM.

“Momen ini harus disikapi dengan kreatif, gerakan dukung dari rumah yang dikampanyekan bisa dijadikan kampanye untuk memajukan UMKM seperti yang dilakukan oleh Arema FC. Aksi ini juga membutuhkan dukungan besar dari pemerintah daerah, khususnya di Malang Raya," katanya.

Baca juga: Arema FC siap hadapi pertarungan Grup A Piala Menpora 2021

Cara kreatif, lanjutnya, memang tengah dilakukan oleh Arema FC dalam mengampanyekan gerakan dukung dari rumah, mereka menggunakan kearifan lokal yang dikemas melalui tas totebag bertuliskan "Dukung dari Hamur". Uniknya, di dalam tas itu terselip produk UMKM.

Kepedulian dalam mengembangkan UMKM sengaja dipilih oleh Arema FC, karena sektor ini adalah sektor yang dinilai paling terdampak akibat pandemi COVID-19 di Indonesia. “Pandemi COVID-19 ini menjadi ujian kita bersama, ketika sepak bola bangkit, Arema FC memiliki tanggung jawab moral untuk ikut menggerakkan sektor lainnya,” tutur Sudarmaji.

Tas dengan jenis totebag itu dikemas secara esklusif menggunakan bahan yang cukup baik. Tas beserta paket produk UMKM tersebut dibanderol dengan harga terjangkau dan unik, yakni Rp99 ribu dengan sistem pembelian preorder.

Nantinya, kata Sudarmaji, produk UMKM akan dimasukkan di dalam tas tersebut. “Kami rasa jangan hanya dilihat tasnya, tapi bagaimana tas ini bisa memberikan manfaat untuk banyak orang," ucapnya.

Harapannya, katanya, tentu saja ketika paket ini sampai ke tangan Aremania, produk UMKM yang terdapat dalam paket tersebut bisa dinikmati sebagai teman untuk menonton pertandingan dari rumah.

Baca juga: Piala Menpora dibuka laga Arema versus Tira Persikabo
Baca juga: PSSI Pers gelar lomba 'chants' #DukungdariRumah
Baca juga: Pemkot Bandung minta Bobotoh Persib tak gelar nonton bareng

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021