Jakarta (ANTARA) - Pegolf Australia Matt Jones memukulkan sembilan di bawah par 61 yang bebas bogey pada Kamis waktu setempat untuk menyamai rekor PGA National dan memastikan memimpin klasemen setelah babak pertama PGA Honda Classic.

Pegolf berusia 40 tahun dari Sydney itu menyamai prestasi pegolf Amerika Serikat Brian Harman pada babak kedua turnamen ini untuk edisi 2012 berkat rangkaian birdie pada tiga lubang terakhir di padang golf berangin di Palm Beach Gardens, Florida.

"Sungguh hari yang baik sekali," kata Jones seperti dikutip AFP. "Saya memukul bol dengan baik sekali yang sebenarnya sepanjang hari dan ini mungkin salah satu hari memukul bol yang lebih baik dengan (stik) iron saya yang sudah saya gunakan sejak lama."

Jones yang merupakan juara Australia Terbuka dua kali dan merebut satu-satunya gelar US PGA Tour pada Houston Open 2014, melepaskan pukulan terendah dalam 14 tahun kariernya dalam tur AS yang memecahkan catatan terbaiknya sebelum ini pada 62 pukulan dalam babak final di Greensboro pada 2013.

Baca juga: Jones tahan Spieth dan Scott untuk jadi juara Australia Terbuka
Baca juga: Pegolf nomor satu dunia tidak daftar Olimpiade Tokyo


Dua pegolf Amerika Serikat Aaron Wise dan Russell Henley sama-sama menduduki urutan kedua dengan 64 pukulan atau tiga pukulan di bawahnya, sedangkan pegolf Australia Cameron Davis dan empat pegolf AS Steve Stricker, Kevin Chappell, Joseph Bramlett dan Scott Harrington berada di bawah mereka setelah melepaskan 66 pukulan.

Jones yang pekan lalu menduduki urutan ke-55 dalam turnamen Players Championship, selama musim ini dua kali masuk 10 besar, pertama saat menempati urutan keempat November silam di Bermuda dan posisi kedelapan di Riviera bulan lalu.

Dia mengawali birdie penutupnya dengan melepaskan pukulan approach beberapa inci dari cup pada par-4 lubang ke-16 dan berhasil untuk kemudian birdie putt dari jarak 23 kaki pada par-3 lubang ke-17.

Sementara itu pegolf Australia Adam Scott yang merupakan juara Masters 2013 membuat eagle pada lubang ke-18 yang merupakan lubang kesembilannya hari itu untuk membuat eagle pertamanya dalam 21 babak PGA National yang diikutinya.

Baca juga: Tiger Woods lakukan "comeback digital" dengan video game golf baru
Baca juga: Canadian Open batal lagi karena COVID-19
Baca juga: Austin Ernst juarai LPGA Drive On Championship

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021