Liga Inggris

Leeds perburuk catatan laga kandang Fulham

Leeds perburuk catatan laga kandang Fulham

Penyerang Leeds United Raphinha merayakan golnya ke gawang Fulham dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Inggris, Jumat (19/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Justin Setterfield)

Jakarta (ANTARA) - Leeds United memperburuk catatan laga kandang Fulham di Liga Inggris musim ini setelah memetik kemenangan 2-1 dalam lawatan ke Stadion Craven Cottage, London, untuk pertandingan putaran ke-29, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Setelah VAR menganulir gol Luke Ayling di awal laga, Leeds mampu menang berkat gol-gol Patrick Bamford dan Raphinha ketika tuan rumah hanya bisa membalas sekali melalui bek tengah Joachim Andersen.

Hasil itu membuat Fulham kini sudah menelan 10 kekalahan di kandangnya sendiri musim ini dan tertahan di zona degradasi menempati urutan ke-18 dengan raihan 26 poin.

Sedangkan Leeds (39), yang kembali ke jalur kemenangan setelah tiga laga nirmenang, berhasil naik ke posisi ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Chelsea jaga catatan nirkalah bareng Tuchel seusai imbangi Leeds 0-0

Tim besutan Marcelo Bielsa tampil menekan sejak awal laga dan sembilan menit selepas sepak mula Ayling mampu menjebol gawang dengan sundulan melambung menyambut umpan silang Tyler Roberts.

Namun, selebrasi Ayling berakhir dengan kenyataan bahwa gol itu dianulir VAR yang menyatakan Roberts sudah lebih dulu terjebak offside dalam proses serangan.

Fulham berusaha memanfaatkan situasi sepak pojok yang menciptakan kemelut di hadapan gawang Leeds pada menit ke-26, tetapi kiper Illan Meslier mampu melakukan penyelamatan gemilang untuk mementahkan tembakan voli Josh Maja.

Tiga menit kemudian penyelamatan Meslier dibayar lunas oleh rekan-rekannya yang membuka keunggulan Leeds atas Fulham saat Bamford memperlihatkan insting predatornya untuk menyelesaikan umpan tarik Jack Harrison.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit ke-38 Fulham mampu mengkonversi situasi sepak pojok yang diakhiri tembakan voli Andersen di muka gawang, membuyarkan peluang Meslier mencatatkan rekor sebagai kiper termuda dengan 10 catatan nirbobol di Liga Premier.

Dua menit sesudah gol itu, Fulham hampir berbalik memimpin tetapi kali ini Meslier lebih sigap untuk menepis tembakan Andre-Frank Zambo Anguissa yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang.

Baca juga: Gol perdana Aguero bantu Manchester City lumat Fulham

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum dan 10 menit memasuki babak kedua giliran kiper Alphonse Areola yang unjuk kebolehan melakukan penyelamatan jitu untuk menggagalkan peluang jarak dekat Harrison.

Namun, Areola tak bisa berbuat banyak ketika Raphinha menyudahi aksi gemilangnya melewati Tosin Adarabioyo sebelum mencetak gol cantik untuk membawa Leeds kembali memimpin atas Fulham pada menit ke-58.

Ketidakmampuan Leeds mengantisipasi situasi bola-bola mati kembali menghantui gawang mereka pada menit ke-71, beruntung Aleksandar Mitrovic gagal menjangkau umpan terusan Andersen.

Ancaman serupa kembali terjadi ketika Pascal Struijk salah perhitungan ketika berusaha menghalau situasi sepak pojok pada menit pertama injury time, beruntung Kalvin Phillips mampu membaca situasi dengan menyapu bola dari area berbahaya sembari memastikan Leeds menang 2-1 kala peluit tanda laga usai berbunyi.

Kedua tim akan beristirahat selama dua pekan ke depan selama jeda internasional dan baru tampil lagi pada awal April saat Leeds menjamu Sheffield United di Elland Road dan Fulham bertandang ke Villa Park menghadapi Aston Villa.

Baca juga: Chelsea hentikan sementara negosiasi kontrak Tammy Abraham
Baca juga: Mourinho tak mau Son perkuat Korsel karena lagi cedera
Baca juga: Frank de Boer klaim Donny van de Beek "tidak bahagia" di Man United

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar