Denpasar (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan diajak menyaksikan Pesta Kesenian Bali (PKB) selama kunjungannya di Pulau Dewata, pertengahan Juni 2010.

"Kami akan ajak Obama untuk menyaksikan aneka pertunjukan seni dan budaya di arena PKB ke-32 yang digelar di kompleks Arts Center Denpasar," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Denpasar, Rabu.

Dalam pesta seni tahunan yang berlangsung sebulan sejak 12 Juni hingga 10 Juli akan ditampilkan ratusan karya pertunjukan, pameran karya seni dan suvenir, serta berbagai kegaiatan lain yang berhubungan dengan dunia seni dan budaya.

Seniman yang tampil pada kegiatan tersebut tidak hanya asal Bali, tetapi juga dari sejumlah daerah lain di Indonesia dan pegiat seni mancanegara.

Gubernur Pastika mengaku telah menerima konfirmasi mengenai rencana kunjungan Presiden Obama ke Pulau Dewata.

"Kami sudah mendapat pemberitahuan secara lisan. Resminya sih belum," katanya menjelaskan.

Berdasarkan pemberitahuan lisan dari pihak Gedung Putih, Obama diperkirakan berkunjung ke Bali pada petengahan Juni.

Melihat itu, Gubernur Pastika menyebutkan bahwa kedatangan "penggede" dari negeri Paman Sam tersebut bertepatan dengan penyelenggaraan pesta seni akbar di Pulau Dewata, yakni PKB.

"Karena berkenaan dengan penyelenggaraan PKB, kami akan mencoba menawarkan kepada Obama untuk dapat berkunjung ke arena pesta seni budaya tahunan itu," katanya.

Pastika mengaku optimistis tamu negara itu akan bersedia menyaksikan aneka pertunjukan dan karya seni di arena PKB.

"Kemungkinan beliau bersedia datang ke arena PKB. Namun kepastiannya, ya kita tunggu nanti," katanya sambil tersenyum.

Selain ke arena PKB, lanjut dia, selama kurang lebih dua hari di Bali, Obama juga berencana mengunjungi Pura Uluwatu, Kabupaten Badung.

Pura yang bertengger di atas jurang yang berdiri kokoh di pinggir pantai selatan Bali itu merupakan tempat ibadah terbesar yang merupakan peradaban masyarakat Hindu di Pulau Dewata.

Gubernur Pastika mengungkapkan, kunjungan Obama ke Bali pada dasarnya akan mengusung tiga topik penting, yaitu masalah budaya, lingkungan, dan demokrasi.

"Tiga topik penting itu yang menyebabkan Obama sangat tertarik untuk datang ke Bali," ujar Pastika menjelaskan.(*)

(T.P004/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010