Pusdokkes Polri bakti kesehatan pascabanjir Kalsel

Pusdokkes Polri bakti kesehatan pascabanjir Kalsel

Pusdokkes Polri menggelar bakti kesehatan bagi warga terdampak banjir Kalsel. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri menggelar kegiatan bakti kesehatan bagi warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Dalam pelaksanaannya kami lakukan secara 'door to door' mengingat situasi pandemi COVID-19 agar tidak terjadi kerumunan. Sasarannya Desa Akar Baru dan Desa Pematang Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar," kata dr. Budi Heriyadi selaku Ketua Tim Pusdokkes Polri di Martapura, Jumat.

Petugas juga memberikan bantuan berupa paket sembako dan paket kesehatan kepada warga setempat.

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19, petugas kesehatan yang mendatangi langsung rumah-rumah warga juga melakukan tes usap antigen kepada warga serta memberikan edukasi terkait dengan pencegahan COVID-19.

Baca juga: Pusdokkes Polri bagikan obat-obatan ke korban gempa di Mamuju

Dia menjelaskan bakti kesehatan tersebut salah satu bentuk upaya mendukung 100 hari program prioritas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di mana sebagai anggota Polri harus membantu dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya mereka yang terdampak bencana alam.

Dia mengharapkan dengan masyarakat yang sehat pada akhirnya kesejahteraan terwujud dan harkamtibmas juga terjaga, serta Polri semakin dekat dan dicintai oleh masyarakat.
Pusdokkes Polri menggelar bakti kesehatan bagi warga terdampak banjir Kalsel. (ANTARA/Firman)


Karumkit Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin AKBP dr. Bambang Pitoyo menambahkan baru sekarang digelar bakti kesehatan oleh Pusdokkes karena di waktu yang bersamaan sejumlah daerah di Indonesia juga terjadi bencana alam, seperti di Provinsi Sulawesi Barat dan Jawa Timur.

"Sehingga waktu banjir melanda di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan sejak Bulan Januari lalu, tim kesehatan Polda Kalsel yang turun melaksanakan pelayanan kesehatan dan sekarang digelar lagi oleh Pusdokkes sebagai bentuk kepedulian Polri di masa pascabanjir," katanya.

Baca juga: RS Bhayangkara Sumbar datangkan APD dari Pusdokkes Mabes Polri
Baca juga: Pusdokkes Polri pantau perkembangan kesehatan 300 siswa Setukpa ODP

Pewarta: Firman
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polresta Banjarmasin gagalkan peredaran 135 kilogram sabu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar