Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada November 2010 atau sebelumnya.

Pernyataan itu dikemukakan oleh Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal di Kantor Presiden, Jumat, menanggapi pengumuman penundaan kedatangan Obama ke Indonesia Juni 2010.

"Kedua pemimpin sepakat mencari tanggal yang tepat untuk kunjungan Presiden Obama mungkin November atau sebelumnya," kata Dino.

Menurut Dino, hal itu akan dibahas di tingkat teknis. "Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Obama juga sepakat untuk bertemu di sela-sela KTT G20 di Toronto akhir bulan ini," katanya.

Ia mengatakan bahwa Presiden Yudhoyono berkomunikasi dengan Presiden Obama, Jumat pagi sekitar pukul 09.00.

"Presiden Obama meminta maaf ke Presiden Yudhoyono karena terpaksa menunda sementara kunjungannya ke Indonesia dan Australia," katanya.

Obama dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia Maret 2010. Namun oleh karena pembahasan UU Kesehatan maka pihak Gedung Putih mengubah tanggal kedatangan Obama pada Maret 2010.

Namun kemudian, Presiden Obama tetap tidak dapat melakukan lawatan pada tanggal baru itu dan menundanya pada Juni 2010.

Sebelumnya walau tanpa ada pengumuman resmi dari gedung putih Obama dikabarkan akan melakukan lawatan ke Indonesia setelah mengikuti pertemuan APEC di Singapura 2009.

Namun menurut Dino pada kesempatan itu Obama memilih melakukan lawatan pada Maret 2010 karena ingin membawa serta keluarganya, istrinya Michelle Obama dan kedua anak perempuannya Sasha dan Malia.
(G003/A024)





 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010