Los Angeles (ANTARA News) - Single juara American Idol (AI) 2010 Lee DeWyze gagal masuk peringkat 10 besar tangga lagu dan tangga lagu digital vesri Billboard.

Menurut Reuters, berdasarkan data dari Nielsen SoundScan lagu "Beautiful Day" milik U2 yang didaur ulang DeWyze, hanya mampu menduduki peringkat 24 dalam tangga lagu Billboard Hot 100 dan menduduki peringkat 12 tangga lagu, dengan jumlah 95.000 unduhan.

Lagu "Up To the Mountain" yang dinyanyikan juara kedua AI Crystal Bowersox meduduki peringkat 57 dan peringkat 32 tangga lagu digital, dengan jumlah 49.000 unduhan.

Lagu "Falling Slowly" yang dinyanyikan oleh duet DeWyze dan Bowersox hanya mampu menduduki peringkat 66 tangga lagu Billboard. Keduanya mendapat kontrak rekaman dengan perusahaan Sony Entertainment Group.

Lagu Katy Perry berjudul "California Gurls" kembali memuncaki tangga lagu digital, dengan jumlah 269.000 unduhan.

Pihak Billboard mengatakan, juara AI tahun lalu, Kris Allen, berhasil menjual 134.000 lagu "No Boundaries" dalam minggu pertama dan menduduki peringkat 4 tangga lagu Billboard. David Cook, juara AI 2008 berhasil menjual 236.000 lagu dan menduduki peringkat pertama tangga lagu digital melalui lagu "The Time of My Life".

Final "AI" 2010 menjadi final dengan jumlah penonton terendah sejak tahun 2002. Data Nielsen menunjukkan bahwa 24,2 juta pemirsa Fox terpaku di depan televisi pada pekan lalu untuk menyaksikan mantan penjual cat meraih gelar di final untuk musim 9 yang kehilangan 9 persen dari penonton yang secara keseluruhan, tapi tetap menjadi acara TV yang paling banyak ditonton di Amerika.

Penggemar dan pengamat media mengatakan format untuk "AI" sudah ketinggalan jaman, dan menyalahkan kontestan yang penampilannya biasa-biasa saja dan kurangnya keakraban diantara para juri.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010