Menpora berpesan ke Pemprov Jatim agar olahraga diberi perhatian lebih

Menpora berpesan ke Pemprov Jatim agar olahraga diberi perhatian lebih

Menpora RI Zainudin Amali (tengah) di sela menghadiri Kongres Luar Biasa PSSI Jatim di Surabaya, Sabtu (27/03/2021). (ANTARA/HO-Istimewa/FA)

Jatim adalah harapan pengembangan sepak bola ke depan, dan olahraga pada umumnya
Surabaya (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berpesan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar olahraga diberi perhatian lebih, ruang dan partisipasi di wilayah setempat.

"Saya titip ke Pemprov Jatim agar olahraga di daerah mendapat perhatian lebih, bahkan diberi tempat di APBD, baik provinsi maupun kabupaten/kota," ujarnya di sela menghadiri Kongres Luar Biasa PSSI Jatim di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, Jatim adalah satu dari 10 tempat pembinaan desain besar olahraga di Tanah Air setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Baca juga: Ketua Umum PSSI: Liga 1 bergulir mulai Juni 2021

"Kami harap dukungan penuh dari Pemprov. Saya yakin olahraga di Jatim semakin maju," ucap menteri yang juga politikus Partai Golkar tersebut.

Sementara itu, khusus untuk cabang olahraga sepak bola, Menpora menilai Jatim memiliki banyak klub Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, kemudian 38 askot/askab, serta sekolah sepak bola.

"Bahkan, saya kira ini terbesar se-Indonesia. Jatim adalah harapan pengembangan sepak bola ke depan, dan olahraga pada umumnya," katanya.

Mantan Ketua Komisi II DPR RI tersebut juga berpesan kepada Gubernur Jatim, bupati dan wali kota di wilayah setempat untuk terus mendorong majunya olahraga.

Terlebih, kata dia, Jatim menjadi salah satu venue tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 yang akan dihelat pada 2023.

Baca juga: Ketua DPD fasilitasi pertemuan suporter Malang dengan ketua umum PSSI

Menpora memastikan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya akan menjadi venue pertandingan, kemudian Stadion Gelora Bangkalan Madura menjadi salah satu lokasi untuk latihan tim peserta Piala Dunia U-20.

"Yang pasti, kalau kepala daerahnya suka olahraga, terutama sepak bola maka pasti di daerah itu akan hidup olahraga dan sepak bolanya. Tapi kalau ada perasaan kurang tertarik maka di daerah itu daya tariknya juga kurang," tutur ZA, sapaan akrab Menpora.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono berkomitmen terhadap kemajuan dunia olahraga.

Ia juga mengapreasiasi diselenggarakannya KLB PSSI Jatim yang berjalan aman dan lancar, termasuk penerapan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: KLB PSSI Jatim disiarkan langsung di YouTube dan Instagram

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora minta polisi tindak suporter Persija & Persib yang langgar aturan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar