Karawang (ANTARA News) - Ribuan umat Buddha dari Jawa Barat dan sekitarnya menggelar perayaan puja bakti Waisak 2554 BE di halaman Candi Jiwa, di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu.

Para umat Buddha sudah mendatangi lokasi sekitar Candi Jiwa sejak Minggu pagi, walaupun perayaan waisak tersebut baru dimulai sekitar pukul 13.30 WIB dan berakhir pada pukul 17.30 WIB.

Dirjen Bimas Buddha Kementrian Agama Republik Indonesia dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan direncanakan hadir dalam acara tersebut. Karena perayaan waisak itu akan digelar sekaligus dengan kegiatan pencanangan tahun wisata di Karawang.

Perayaan puja bakti Waisak tersebut akan dimulai dengan kegiatan puja bakti seperti penyalaan lilin dan dupa serta penyalaan lilin lima warna, dilanjutkan dengan meditasi yang akan dipimpin Shikku Sangha dan disambung dengan pencanangan tahun wisata oleh Bupati Karawang, Dadang S Muchtar.

Dalam kegiatan itu, Dirjen Bimas Buddha Kementrian Agama Republik Indonesia akan menyampaikan sambutannya dan akan dilakukan pula pemercikan Tirta Waisak oleh Bhikkhu Sangha.

Situs Candi Jiwa sendiri merupakan salah satu dari 17 Situs di Areal Situs Batujaya, disebut juga Situs Segeran II atau masyarakat setempat menyebutnya Unur Jiwa.

Situs Candi yang terbuat dari bata merah itu berukuran 19x19 meter dengan ketinggian 4,7 m dari permukaan sawah, pada bagian atas terdapat sejumlah bola tersusun melingkar diperkirakan adalah tempat Stupa. (MAK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010