Jakarta (ANTARA News) - Jalan MH Thamrin, salah satu jalan protokol yang terletak di wilayah DKI Jakarta, Senin, akan menjadi lokasi dari digelarnya sejumlah unjuk rasa oleh beberapa kelompok massa.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin pagi, aksi pertama di Jalan MH Thamrin tepatnya di Bundaran Hotel Indonesia (HI) diagendakan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

Sementara Kantor Perwakilan PBB di Jakarta yang juga terletak di Jalan MH Thamrin, pukul 10.00 WIB, juga akan didatangi oleh massa yang akan berunjuk rasa.

Demo di depan Kantor PBB masih terkait dengan aksi kecaman terhadap serangan yang dilakukan Israel terhadap konvoi kapal pembawa bantuan menuju Palestina, Gaza.

Mengenai Palestina, terdapat pula beberapa kelompok relawan kemanusiaan yang rencananya akan beraudiensi dengan DPR RI pada pukul 14.00 untuk menyikapi peristiwa tragedi tersebut.

Beberapa kelompok relawan itu antara lain Dompet Dhuafa Republika, Pos Keadilan Peduli Umat, Rumah Zakat Indonesia, Daarut Tauhid, dan Sahabat Al Aqsha.

Bundaran HI di Jalan MH Thamrin rencananya juga akan menjadi ajang aksi demonstrasi pada pukul 13.00 WIB.

Aksi di Bundaran HI tersebut rencananya akan dilakukan oleh kelompok Perjuangan Rakyat Menuntut Hak Atas Perumahan dan Pemukiman (PRMPP).

Setelah dari Bundaran HI, PRMPP akan menuju ke kantor Komnas HAM untuk menyerahkan Surat Pengaduan Tindak Lanjut Pelanggaran HAM terkait kasus yang menimpa tiga janda veteran yang tanah dan rumahnya kini sedang disengketakan dengan Perum Pegadaian di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Selain itu, demonstrasi juga akan berlangsung di Wisma Baja (Kantor PT Krakatau Steel) yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pukul 10.00 WIB.

Sedangkan sejumlah institusi pemerintahan yang akan disambangi pengunjuk rasa pada pukul 10.00 - 13.00 WIB adalah Kejaksaan Agung, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kantor Walikota Jakarta Selatan.***1***
(M040/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010