Medan (ANTARA News) - Brigjen TNI Leonardus JP Siegers dilantik menjadi Panglima Kodam I Bukit Barisan menggantikan Mayjen TNI M. Noer Muis yang dipromosikan menjadi Irjen Mabes TNI.

Pelantikan yang dilakukan Surat Keputusan dengan Nomor Skep/291/V/2010 tertanggal 10 Mei 2010 itu dipimpin KSAD Jenderal TNI George Toissutta di lapangan Makodam I Bukit Barisan di Medan, Kamis.

Dalam amanatnya KSAD mengatakan, Kodam I Bukit Barisan merupakan komando kewilayahan di jajaran TNI AD yang memiliki posisi sangat strategis.

Selain memiliki beberapa pulau terdepan dan kekayaan alam yang melimpah, di wilayah Kodam I Bukit Barisan juga terdapat berbagai objek vital, baik berskala nasional mau pun internasional yang memberikan konstribusi besar dalam pembangunan nasional.

Kodam I Bukit Barisan memiliki tugas dan kewajiban untuk mewujudkan stabilitas keamanan agar keberadaan berbagai potensi tersebut dapat membantuoptimalisasi pembangunan.

Untuk merealisasikan tugas itu, seluruh jajaran Kodam I Bukit Barisan harus mampu bersatu dengan rakyat melalui tampilan sosok yang disegani, dicintai serta mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat.

Brigjen TNI Leonardus JP Siegers yang lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan pada 20 Agustus 1956 merupakan alumni Akabari tahun 1978.

Sebelum dipromosikan menjadi Pangdam I Bukit Barisan, Brigjen TNI Leonardus JP Siegers pernah menjabat Asrendam II Kodam Sriwijaya (2000), Danrem 102/PJG Kodam VI Tanjung Pura (2005) dan Kepala Staf Kodam V Brawijaya (2010).

Pangdam I Bukit Barisan yang baru itu pernah mendapatkan tugas belajar ke Polandia (2005), China (2007 dan 2008), Malaysia (2007), Perancis (2008).

Sedangkan Mayjen TNI M. Noer Muis dipromosikan menjadi Irjen Mabes TNI menggantikan Letjen TNI Lilik AS yang juga mantan Pangdam I Bukit Barisan.

Pelantikan Brigjen TNI Leonardus JP Siegers menjadi Pangdam I Bukit Barisan disaksikan sejumlah perwira tinggi TNI AD seperti Pangkostrad Letjen TNI Burhanudin Amin yang juga mantan Pangdam Bukit Barisan, Aspam Kasad Mayjen TNI Tisna Komara, Gubernur Akmil Mayjen TNI Gatot Nurmantyo dan Danjen Kopaasus Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus.

Hadir juga sejumlah pangdam seperti Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hambali Hanafiah dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Hatta Syafruddin.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010