Jayapura (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Gireeli beserta rombongan mengunjungi arena pesta budaya Festival Danau Sentani (FDS), Minggu sore.

Pantauan ANTARA Jayapura dari Kalkhote, Sentani, kabupaten Jayapura, tampak dubes vatikan juga didampingi pemimpin umat Katolik Jayapura, Uskup Mgr Leo Laba Ladjar langsung disambut bupati kabupaten Jayapura, Habel Melkias Suwae, dan wakilnya Zadrak Wamebu serta para panitia FDS.

Usai Pengalungan bunga oleh panitia penyambutan, rombongan dubes Vatikan langsung diarak ratusan penari tradisional.

Dubes tahta suci Vatikan, Leopoldo Giselli juga menyempatkan waktunya untuk menyakiskan secara lansngung latihan gladi bersih pelaksanaan pesta budaya FDS 2010 yang akan dilakukan tanggal 19-23 Juni nanti.

Ketua Panitia FDS 2010 Ir Anna H.O.S.Sawai mengaku sangat bersyukur dubes Vatikan telah berkunjung kle arena FDS padahal hari pelaksanaan pestanya belum dimulai.

"Dubes Vatikan sangat menghargai kebudayaan dan tradisi masyarakat asli Papua sebagai bagian integral kehidupan manusia itu sendiri. Berbicara tentang manusia Papua berarti berbicara tentang tradisi dan kebudayannya," kata Anna H.O.S Sawai.

Ia tambahkan, kunjungan Dubes Vatikan ke kawasan wisata Kalkote bertepatan dengan aktivitas persiapan pesta budaya Danau Sentani atau seminggu sebelum FDS maka wajar saja kalau kedatangan Dubes Vatikan itu ke Kalkote dianggap sebagai gladi bersih pelaksanaan perhelatan akbar pesta budaya itu.

"Dubes Vatikan Mgr Leopoldo Girelli datang ke arena FDS pada seminggu sebelum pesta budaya Danau Sentani sehingga akan semakin membuat FDS lebih tampak kemeriahaannya,? kata Anna Sawai.

FDS akan dilaksanakan pada 19 Juni -23 Juni di Pantai Kalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, kurang lebih 3 Km dari pusat Kota Sentani ibukota Kabupaten Jayapura atau dari Bandar Undara Sentani dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun empat dan perahu

Pada perhelatan budaya Festival Danau Sentani nanti, masyarakat Kabupaten Jayapura akan menggelar berbagai tarian tradisional dan sendra tari "keping-keping rahasia Danau Sentani" di atas perahu dan penampilan secara kolosal iringan musik rakyat, suling tambur dan lagu rakyat dengan aneka permainan rakyat termasuk tarian Nusantara.

Seluruh rangkaian lomba yang akan digelar dalam rangka FDS tidak terlepas dari tema hajatan akbar Pemerintah Kabupaten Jayapura yaitu "Loving Culture For Our Future - Cinta Budaya Untuk Masa Depan kami". (KR-MBK*KR-ALX)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010