Blitar (ANTARA News) - Warga dari berbagai daerah berduyun-duyun melihat mumi yang baru ditemukan Zamroji (40), warga Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, bahkan, mereka rela antre berjam-jam.

``Saya penasaran mendengar cerita tetangga bahwa ada mumi berbadan mirip ular. Karena itu saya sengaja datang ke sini,`` kata Suparno (30), di sela-sela antrean panjang di rumah Zamroji, Minggu.

Setelah mendapatkan kesempatan melihatnya, dia kaget dan menganggapnya benda tersebut adalah "jenglot". "Bentuknya mirip `jenglot`, bukan mumi,`` katanya.

Benda tersebut berukuran kecil. Panjang tubuhnya sekitar 20 centimeter dan kepalanya sebesar ibu jari orang dewasa.

Bentuk "jenglot" berwarna hitam itu cukup menyeramkan. Benda itu ditempatkan di dalam kotak kaca berukuran sekitar 1 x 0,5 meter. Kaca tersebut juga ditutup dengan kain putih dan ditaburi bunga melati.

Zamroji menemukan benda tersebut di sumber air Buntung, sekitar satu kilometer dari rumahnya, Sabtu (12/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Awalnya dia ragu mengambil benda tersebut, namun setelah dipikir-pikir dia memberanikannya membawa pulang benda ajaib itu. "Saya langsung mengambilnya. Benda itu sangat unik,`` katanya menuturkan.

Hingga saat ini rumah Zamroji masih dibanjiri warga. Untuk masuk ke rumah itu, warga harus bergantian lima orang-lima orang.

Polisi pun turut-turut berjaga-jaga di sekitar rumah itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.(M038/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010